Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Sanger atau Edel Sanger (Serinus leucopygus) merupakan burung yang khas serta berwarna abu-abu dengan coretan-coretan. Burung sanger ini memiliki keahlian dalam mengerol yang bagus. Maka sangat wajar jika burung ini sangat tepat untuk dijadikan burung kicauan di rumah atau masteran untuk kenari.

Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Burung Sanger

Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung sanger ini dapat digunakan jenis sangkar gantung dengan ukuran yang tidak terlalu kecil agar memberikan kebebasan burung dalam bergerak. Selain itu, siapkan juga sarang. Sarang tersebut bisa terbuat dari sabut kelapa, goni, serat nanas atau kapas.

Pemilihan Indukan Burung Sanger

Pilih indukan yang berkualitas agar nantinya anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk membedakan indukan burung sanger jantan dan betina cukup sulit karena keduanya hampir serupa, tapi keduanya bisa dibedakan dengan adanya bercak putih di bagian bawah paruhnya pada burung sanger jantan dan pada indukan betina terdapat tanda seperti kalung manik-manik di bagian dadanya.

Pemberian Pakan dan Minum Burung Sanger

Pakan yang dapat diberikan untuk burung sanger bisa berupa canary seed, milet mewah atau mungkin pakan biji bijian lainnya. Untuk tambahan pakan, bisa diberi sayuran seperti selada maupun sawi, atau mungkin makanan lainnya seperti kroto, ulat hongkong atau kuning telur puyuh rebus. Jangan lupa juga berikan minum yang cukup.

Cara Menjodohkan Burung Sanger

Proses perjodohan bisa dilakukan dengan meletakkan indukan jantan dan betina pada kandang terpisah terlebih dahulu. Burung yang saling berjodoh dapat dilihat dari burung jantan yang membalas kicauan dari burung betina.

Jika telah saling mendengar, kedua sangkar burung bisa lebih di dekatkan. Untuk meningkatkan birahi indukan, bisa dilakukan dengan pemberian Bird Mature. Burung yang tampak agresif, akan sering terang serta melompat-lompat dalam sangkar.

Jika kedua burung sudah saling birahi, maka burung tersebut sudah bisa disatukan dalam satu kandang untuk ke tahap selanjutnya.

Pengeraman Telur Burung Sanger

Dalam setiap bertelur, induk betina biasanya akan bertelur sebanyak 2-3 butir setiap periode peneluran. Induk betina akan mengerami telurnya selama 14 hari. Biasanya baik induk jantan maupun induk betina akan merawat anak-anaknya.

Walaupun dalam asuhan induknya, peternak juga bisa membantu menyuapi anakan dengan adonan nestle atau telur puyuh rebus untuk membantu pertumbuhan anak sanger agar bisa segera bergerak dengan aktif.

Pemanenan Burung Sanger

Anak Sanger biasanya baru bisa dilakukan pemanenan setelah berusia 1 bulan. Pada usia tersebut, anakan telah mampu makan sendiri. Anakan sudah bisa dipisahkan dari induknya untuk dijual di pasaran atau bisa dipelihara untuk dijadikan master.

Perawatan Burung Sanger

Bersihkan kandang secara rutin agar burung sehat serta terhindar dari jamur maupun penyakit yang akan menghambat pertumbuhan dan kembang biak untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Mandikan burung dengan menyemprotnya dengan air, agar burung tetap bersih.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa