Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Wambi atau Hwa Mei (Melodius Lughingthrush) adalah jenis burung yang terkenal dengan kicauannya yang mantap, keras dan rapat. Burung cantik ini berasal dari wilayah Tiongkok bagian Selatan. Keberadaannya pernah menjadi cukup langka ketika terjadi wabah virus flu burung yang menyebabkan dihentikannya impor burung dari Tiongkok ke Indonesia. Beruntung saat ini wabah flu burung sudah mereda dan kegiatan impor burung dari Tiongkok ke Indonesia sudah diperbolehkan kembali.

Burung cantik eksentrik ini memiliki sifat Fighter yang kuat dan sangat tempramen sehingga tidak seperti di indonesia yang melombakan burung cantik ini karena kicauannya, di Asia kususnya di negara asalnya melombakan burung cantik ini dengan cara di adu fisik.

Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula

Cara Membedakan Burung Wambi Jantan dan Betina

Untuk dapat membedakan burung wambi jantan dan betina dapat dilihat dari ciri fisiknya. Berikut perbedaan burung wambi jantan dan betina:

  • Burung wambi betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada ukuran tubuh Wambi jantan. Hal ini membuat burung Wambi jantan lebih gesit dan lebih cocok dijadikan burung aduan.
  • Proporsi tubuh wambi jantan lebih kecil namun lebih padat dan berisi sehingga tampak gagah. Sementara burung wambi betina berbentuk agak bulat dan agak besar.
  • Burung Wambi jantan memiliki mata yang berwarna lebih biru dibanding burung wambi betina. Selain itu, saat dipegang burung Wambi jantan cenderung untuk membelalakkan mata sedangkan jenis betina lebih suka menutup matanya.
  • Hidung burung wambi jantan lebih mancung dan lancip sedangkan pada burung wambi betina lebih lebar dan bulat.
  • Burung wambi jantan memiliki leher yang berbulu tegas dengan struktur leher yang lebih panjang dan kekar. Sedangkan, burung Wambi betina, lehernya lebih pendek dengan warna bulu yang lebih lembut.
  • Burung wambi betina memiliki struktur panggul yang lebih lebar dibanding burung wambi jantan. Hal ini berkaitan dengan fungsi reproduksi.
  • Burung wambi jantan memiliki alat vital yang lebih menonjol, sedangkan pada burung wambi betina bentuknya lebih mendatar.
  • Burung wambi jantan memiliki bulu ekor yang lebih panjang dibanding burung wambi betina.
  • Kaki burung wambi jantan memiliki struktur yang kuat, lebih tebal dan kokoh, sedangkan kaki burung wambi betina yang lebih lembut dan berdaging agak tipis.
  • Warna bulu burung wambi betina cenderung lebih kusam, sedangkan burung wambi jantan warna bulunya lebih bagus, cokelat mengilat.

Persiapan Kandang Ternak Burung Wambi

Pada tahap awal ternak, sangkar segi empat paling baik digunakan dengan ukuran ideal sangkar yaitu sekitar 25 x 25 x 30 cm. Pada bagian dasar sangkar diletakkan tenggeran.

Selain itu, letakkan andaran buatan dari kayu berbentuk bulat dan bagian bawahnya kasar untuk mengikis ujung kuku burung cantik. Diameter sandaran yang baik untuk burung wambi minimum 2 cm.

Dalam kandang juga diletakkan tempat pakan dan juga minum bagi burung. Untuk mencegah burung wambi terus-menerus berkicau, maka sangkar atau kandangnya dapat ditutup dengan kain.

Pakan Burung Wambi

Pakan yang dapat diberikan pada burung wambi bisa berupa buah-buahan dan beberapa serangga kecil.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa