Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Kolibri Wulung Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Kolibri Wulung Bagi Pemula Agar Sukses – Kolibri (Trochilidae) adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kolibri merupakan burung terkecil di dunia, beratnya sekitar 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.

Terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan, kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes.

Kolibri merupakan penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat yaitu dalam satu detik bisa mencapai 12-80 kepakan.

Salah satu jenis burung kolibri yang memiliki banyak peminat adalah kolibri wulung. Burung kolibri wulung juga disebut dengan kolibri mancang atau kolibri kaca, burung kolibri ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan mungil, selain itu burung ini juga memiliki suara khas. Kicaunya berupa suara besetan atau crecetan dengan nada yang relatif keras. Pada waktu berkicau, kolibri wulung akan menurunkan sayapnya hingga setengah badan sembari menggoyangkan badan.

Cara Ternak Budidaya Burung Kolibri Wulung

Persiapan Kandang Ternak Burung Kolibri Wulung

Kandang yang perlu disiapkan untuk burung kolibri wulung tidak perlu terlalu besar. Biasanya kandang yang dibuat memiliki ukuran 75 cm x 75 cm x 100 cm. Jika tidak ingin terlalu repot harus membuat kandang, kalian bisa membeli sangkar di kios ternak.

Pemilihan Induk Burung Kolibri Wulung

Pilih indukan burung kolibri wulung yang sehat dan tidak ada cacat di setiap tubuhnya, memiliki gerakan yang lincah, serta memiliki nafsu makan yang cukup baik.

Penjodohan Burung Kolibri Wulung

Burung kolibri jantan dan kolibri betina dimasukkan ke sangkar yang berbeda, kemudian kedua sangkar tersebut didekatkan agar keduanya tidak stres dan saling mengenal sehingga lebih mudah menjodohkannya.

Pemberian Pakan, Minum dan Vitamin Burung Kolibri Wulung

Pakan utama yang bisa diberikan pada burung kolibri wulung yaitu berupa voer. Selain itu, pakan yang bisa diberikan pada burung kolibri wulung ini yaitu ulat hongkong, kroto, jangkrik juga buah pisang terutama jenis pisang kepok.

Setiap pagi jangan lupa ganti kesediaan air dalam wadah di kandang, namun jangan lupa bersihkan terlebih dahulu wadahnya agar tidak ada kotoran yang dapat menyebabkan penyakit bagi burung kolibri wulung ini.

Untuk menunjang kesehatan sang burung juga memberikan kekebalan tubuh, burung kolibri wulung diberi vitamin yang bisa dibeli di kios ternak yang menjual segala kebutuhan burung.

Perawatan Burung Kolibri Wulung Lainnya

Agar burung kolibri wulung menjadi jinak dan terdorong untuk berkicau kalian dapat bersiul di depannya setiap pagi.

Agar burung kolibri wulung terlihat bersih dan segar maka mandikan burung kolibri wulung setiap pagi jam 7 dan sore pada jam 3. Setelah burung kolibri wulung dimandikan khusunya pada pagi hari, lakukan penjemuran sekitar 1 jam yaitu sekitar pukul 7-8 pagi agar burung mendapatkan manfaat vitamin D dari cahaya matahari.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Kolibri Wulung Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post