Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses – Kolibri (Trochilidae) adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kolibri merupakan burung terkecil di dunia, beratnya sekitar 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.

Terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan, kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes.

Kolibri merupakan penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat yaitu dalam satu detik bisa mencapai 12-80 kepakan.

Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula

Pemilihan Bibit Burung kolibri

Terdapat beberapa jenis burung kolibri di Indonesia diantaranya kolibri ninja, kolibri gunung, kolibri jawa, kolibri sepah raja, kolibri hitam, kolibri tasik, kolibri kelapa dan kolibri wulung.

Pilih jenis kolibri yang akan kalian ternak dan pelihara. Pilih burung kolibri yang sehat, tidak cacat dan memiliki bentuk tubuh yang baik; memiliki bulu yang cerah dan halus; bermata cerah dan sangat gesit. Selain itu pilih burung kolibri yang memiliki tubuh berisi dan tidak terlalu kecil.

Pilih burung kolibri jantan yang memiliki ekor yang rapat ke tengah, jika ingin memelihara burung kolibri betina disarankan untuk memilih jenis kolibri ninja.

Umur Burung Kolibri

Usahakan burung kolibri yang akan di ternak telah berumur matang, minimal burung kolibri jantan berumur 2 tahun dan burung kolibri betina berumur sekitar 1, 5 tahun.

Persiapan Kandang dan Sarang Burung Kolibri

Buatlah kandang burung kolibri dengan menggunakan kawat ram berukuran 1 x 2 m. Usahakan tempatkan dalam ruangan yang bersirkulasi udara bagus dan mendapatkan sinar matahari maksimal.

Sarang burung kolibri dapat dibuat dari serabut kulit kelapa dan kapas secukupnya atau bisa juga rambut jagung yang kering atau bisa juga serat nanas.

Kemudian sediakan daun mangga agar sarang burung bisa lebih nyaman dan kuat saat ditopang. Bisa juga dengan menggantungkan daun mangga yang ujungnya sudah kering ke ranting pohon yang ada di dalam kandang dengan menggunakan serabut sumbu kompor. Tempelkan kapas-kapas yang telah dilumuri kuning telur, maka kolibri jantan akan segera datang dan membuat sarang.

Perawatan Burung Kolibri

Agar dapat berkembang biak dengan baik, maka berikan pakan dan minum yang baik. Pakan dan minuman yang diberikan bisa berupa kroto, air gula, susu dan air putih matang. Ganti secara rutin pakan dan minum setiap hari pada malam hari agar tidak mengganggu perkawinan burung kolibri.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa