Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula – Burung Nuri Kepala Hitam atau Lorius lory adalah salah satu habitat burung di Indonesia yang penyebarannya banyak di pulau Ambon, Ternate dan Papua. Burung nuri kepala hitam memiliki kecerdasan yang baik dalam mengingat dan menirukan suara yang pernah mereka dengar.

Di habitatnya, burung nuri kepala hitam ini akan hidup bergerombol atau hidup dalam koloni secara berkelompok. Biasanya 7-10 ekor burung nuri hitam yang membentuk sebuah koloni di alam bebas. Namun, burung ini merupakan salah satu burung yang terancam punah akibat banyaknya pemburuan liar.

Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam

Ciri-Ciri Burung Nuri Kepala Hitam

Adapun ciri-ciri burung nuri kepala hitam, diantaranya yaitu:

  1. Burung nuri kepala hitam merupakan salah satu burung yang memiliki ukuran panjang 30-33 cm dengan ukuran berat normalnya 200-240 gr.
  2. Memiliki ekor yang lebat.
  3. Memiliki warna merah di bagian dada atas dan juga pada bagian kepala.
  4. Mahkota atau kepala pada bagian atas berwarna hitam dan bewarna ungu tua pada bagian bawah mantelnya.
  5. Memiliki panjang ekor sekitar 12 cm dan warna yang dimiliki burung ini pada bagian ekor yaitu warna yang sama dengan bagian paha yaitu biru.
  6. Memiliki panjang sayap 14 cm.

Cara Membedakan Jantan Dan Betina Nuri Kepala Hitam

Cara membedakan indukan jantan dan betina burung nuri kepala hitam dapat dilihat dari fisiknya, berikut perbedaan keduanya:

  • Nuri kepala hitam jantan memiliki bulu dada mengkilap dengan warna biru tua dan seringkali memiliki perilaku seperti menaikkan atau menurunkan kepala serta tubuhnya dan sering mengepakkan sayapnya.
  • Sedangkan betina nuri kepala hitam memiliki warna bulu dada berwarna biru pucat dan kurang mengkilap dan perilaku betina lebih tidak gesit atau pasif dibandingkan nuri kepala hitam jantan.
  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki iris mata berwarna orange dan betina memiliki warna iris mata yang lebih muda yaitu orange muda atau kuning.
  • Jika dibandingkan dengan paruh betina, paruh jantan lebih besar dan lebar.

Persiapan Kandang Burung Nuri Kepala Hitam

Siapkan kandang bertipe kandang terbuka dengan sistem rantai atau bisa juga gunakan kandang tipe tertutup berdinding kandang tersebut dibuat daru strimin logam dan juga kerangka kayu dengan ukuran kandang sekitar 1 m x 1,25 m serta tinggi 1,9 meter.

Letakkan kandang di tempat yang sering dilalui atau ramai agar burung terbiasa dengan kehadiran manusia. Jika burung merasa takut, tempatkan kandang di tempat yang agak lebih tinggi tapi sedikit-sedikit turunkan ke ketinggian normal. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan kandang agar burung tetap sehat.

Cara Memandikan Burung Nuri Kelapa Hitam

Biasanya burung nuri kepala hitam dimandikan dengan cara di semprot atau metode penyemprotan. Caranya yaitu:

Lakukan penyemprotan di luar kandang dengan cara menyemprotkan burung dengan intensitas air yang sedang. Lalu biarkan burung nuri tersebut berada di tempat terbuka agar bulu dari burung nuri menjadi kering dan agak hitam.

Setelah itu, masukan lagi burung tersebut kembali kedalam sangkar mereka. Memandikan burung hingga basah kuyup akan menyebabkan burung tersebut menjadi lapar, jadi harus perhatikan makanan yang tersedia dalam kandang. Kelaparan tersebut disebabkan karena energi mereka terkuras untuk memanaskan kembali tubuh mereka.

Pemberian Pakan dan Vitamin Pada Burung Nuri Kepala Hitam

Berikan pakan bergizi dan berprotein tinggi agar menghasilkan budidaya nuri kepala hitam yang optimal. Pakan yang bisa diberikan dan merupakan rekomendasi adalah biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan pakan buatan. Pemberian pakan pada burung ini dilakukan dengan bantuan lidi. Tapi coba selalu perpendek ukuran lidi setiap harinya hingga terakhir letak makanan ada di telapak tangan.

Nuri kepala hitam yang sudah berani dan terbiasa akan langsung mendekat dan langsung memakan makanan tersebut ke tangan. Ini berarti burung peliharaan tersebut sudah jinak dan tidak lagi liar. Biasanya hasil terbaik didapati setelah sebulan jika perawatan dilakukan dengan benar. Nuri yang dilatih dengan benar akan cepat jinak dan gacor.

Burung nuri yang berumur 0-16 hari bisa diberi vitamin dengan cara mencampurkan pada pakan burung. Setelah burung nuri kepala hitam berumur 16-21 hari, maka bisa mencampurkan vitamin ke dalam makanan atau minumannya.

Cara Melatih Burung Nuri Kepala Hitam

Selain perawatan dasar, tentunya burung peliharaan membutuhkan pelatihan agar bisa mendapatkan burung dengan kualitas prima yang menghasilkan bibit unggul. Latihan dasar bisa berupa bermain dengan beragam atribut dan mendengarkan kicauan burung lain.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa