Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Mozambik Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Mozambik Bagi Pemula Agar Sukses – Mozambik atau yellow fronted canary (serinus mozambicus) adalah jenis burung kicauan dari keluarga finch atau green singing finch.

Banyak orang yang menyebut burung ini dengan burung kenari afrika karena masih satu golongan dengan burung kenari yang memang berasal dari Afrika. Karakter atau ciri-ciri burung mozambik yaitu burung yang terbiasa hidup di cuaca panas atau dataran gersang dan tandus; biasanya hidup berkoloni atau burung yang berkumpul dalam jumlah banyak; suaranya ngeroll, merdu dan juga volume yang lantang; memiliki postur tubuh yang kecil sekitar 11-14 cm.

Cara Ternak Budidaya Burung Mozambik Bagi Pemula

Cara Membedakan Burung Mozambik Jantan dan Betina

Untuk membedakan burung mozambik jantan dan betina cukup sulit tapi bisa dilihat dari ciri fisiknya. Burung mozambik jantan dewasa tidak memiliki pola garis hitam menyerupai kalung di bagian atas dada dengan tingkat kecerahan warna bulu kuning cerah dan memiliki kicau bervariasi menyerupai suara kenari. Sedangkan burung mozambik betina memiliki kalung yang jelas, tingkat kecerahan bulu kuning tidak terlalu cerah dan memiliki kicau yang lebih pendek dan kurang bervariasi atau monoton.

Persiapan Kandang Ternak Burung Mozambik

Untuk ternak kandang yang dapat digunakan yaitu kandang aviary atau menggunakan sangkar harian yang dimanfaatkan untuk sangkar penangkaran yang berukuran sekitar 40×40 cm persegi dan tinggi 50 cm.

Dalam kandang diberi kotak sarang yang sebaiknya berbentuk cawan atau mangkuk terbuka berbahan serat nanas atau yang sudah jadi namun sebelumnya, sarang harus disemprot dengan obat kutu, agar dapat mencegah tungau atau kutu yang masuk ke sarang. selain itu, dalam kandang diberi dua buah tenggeran berukuran 10-20 mm dengan panjang disesuaikan dengan sangkar.

Cara Menjodohkan Burung Mozambik

Proses perjodohan mozambik terbilang mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan masa perkenalan atau pra perjodohan seperti mendekatkan sangkar betina dan sangkar jantan. Hanya perlu masukkan burung jantan dan betina dalam sangkar yang sama. Burung akan terlihat berjodoh dengan ditandai aktivitas makan bersama antara jantan dan betina.

Jika memang jantan dan betina sulit berjodoh, artinya ada sesuatu yang terjadi pada salah satu induk, maka sebaiknya dibutuhkan waktu selama 1 minggu untuk memantau kedua burung apakah tidak berjodoh. namun jika sudah 1 minggu, maka perlu dilakukan pemisahan kedua burung di sangkar berbeda. Sangkar yang digunakan harus sama dan sesuai, agar induk tidak saling melihat dan mendengar suaranya.

Jika kedua induk ditempatkan dalam sangkar yang berbeda dan selalu dalam posisi yang berdekatan, selalu mepet, termasuk saat tidur, ini artinya kedua induk telah saling berjodoh. Kemudian pindahkan kedua burung dalam sangkar gantung yang telah disiapkan untuk tempat penangkaran yang lengkap dengan kotak sarang.

Tunggu hingga induk betina betelur dan mengerami telurnya. Bagian depan sangkar ditutupi dengan koran dan agar kedua burung yang sudah berjodoh mendapatkan ketenangan, maka sebaiknya sangkar digantung ditempat yang jarang dilewati orang.

Setelah terapi selesai, maka burung betina akan betelur sebanyak 2-4 butir yang dierami dalam waktu sekitar 12-13 hari. Sedangkan burung jantan akan mulai membuat dan akan selalu menjaga sarangnya. Setelah telur menetas, anakan dapat dirawat oleh pembudidaya dengan metode handfeeding atau bisa juga biarkan indukan yang merawatnya. Piyik mozambik sudah bisa meninggalkan sarang pada umur 16-18 hari, namun biasanya piyikan akan disapih induknya hingga umur 35-45 hari.

Makanan Burung Mozambik

Pakan yang diberikan pada burung mozambik dapat berupa biji bijian, pelet, buah segar dan juga sayuran berdaun hijau. Beberapa jenis sayur dan buah yang baik diberikan untuk mozambik diantaranya apel, brokoli, kubis, dandelion, jeruk, pisang, anggur, melon dan kacang. Letakkan juga tulang sotong dan mineral blok untuk unggas pada kedua sisi sangkar untuk dimakan mozambik untuk menambah asupan kalsium dan mineral.

Cara Merawat Burung Mozambik

Jangan lupa untuk membersihkan wadah dan mengganti air minum setiap hari. Agar burung terhindar dari penyakit bersihkan kandang secara rutin setiap seminggu sekali. Jangan lupa juga untuk menutup sangkar pada malam hari karena burung ini sensitif terhadap cahaya matahari.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Mozambik Bagi Pemula Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa