Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Jalak Kapas atau Burung Jalak Cina (Sturnus Sturninus) merupakan salah satu jenis burung jalak yang memiliki banyak penggemar. Burung jalak ini berasal dari kawasan Siberia, China, dan punya habitat di kaki Pegunungan Himalaya.

Panjang tubuh burung jalak kapas ini lebih kecil apabila dibandingkan keluarga jalak-jalakan yang lainnya yaitu hanya memiliki panjang sekitar 18 cm, dengan punggung berwarna gelap, kepala dan juga dada yang berwarna abu-abu. Sedangkan pada bagian sayap hitam-hijau berkilau dilengkapi garis sayap putih yang cukup mencolok. Meski sekilas sama, burung jalak kapas jantan serta betina dapat dibedakan dari warna bulu yang berada di bagian punggung atau bagian tubuh atas.

Cara Ternak Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Burung Jalak Kapas

Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung jalak kapas bisa berupa kandang permanen ataupun sangkar, jika tidak ingin repot, maka gunakan sangkar yang bisa dibeli di toko. Ukuran sangkar yang digunakan bisa disesuaikan.

Pemilihan Indukan Burung Jalak Kapas

Pilihlah indukan burung jalak kapas yang berkualitas baik, sehat dan tidak cacat serta memiliki suara yang nyaring dan memiliki nafsu makan yang baik. Pemilihan indukan berkualitas baik dilakukan agar anakan yang dihasilkan juga berkualitas.

Cara membedakan jenis kelamin burung jalak kapas jantan dan betina dapat dilihat dari ciri fisiknya.

Ciri-ciri burung jalak jantan yaitu memiliki warna badan bagian atasnya hitam mengkilap dan kilauan berwarna ungu; sayapnya berwarna hitam agak hijau berkilau dilengkapi garis-garis sayap yang berwarna putih. Pada bagian kepala dan bagian dada memiliki warna abu-abu. Dengan bercak berwarna hitam di tengkuk serta perut yang berwarna putih.

Jalak kapas yang jantan memiliki warna punggung yang hitam dan berkilau disertai bintik cokelat, serta sayap dan ekornya berwarna hitam.

Burung yang remaja memiliki warna bulu cokelat pucat dengan tubuh bagian bawah dengan warna bintik-bintik kecokelatan. Selain itu, memiliki iris berwarna cokelat, paruh kehitaman serta bagian kaki yang memiliki warna hijau. Jalak kapas betina memiliki bulu punggung berwarna abu-abu.

Lebih singkatnya, perbedaan burung jalak kapas jantan dan betina yaitu:

  • Jalak kapas jantan memiliki warna punggung lebih kehitaman, sedangkan betina lebih ke abu-abuan.
  • Warna di bagian sayap juga kehitaman dan sedikit hijau.
  • Kepala jantan cenderung berwarna abu-abu.

Cara Menjodohkan Burung Jalak Kapas

Cara menjodohkan jalak kapas yaitu dengan memasukkan indukan jantan dan betina burung jalak kapas dalam satu sangkar, lalu tutup sangkar dengan kain pada malam hari dan biarkan kedua indukan saling mengenal.

Pakan dan Minum Burung Jalak Kapas

Makanan yang diberikan pada jalak kapas bisa berupa voer atau bisa juga buah bertekstur lembut seperti pisang kepok.

Dalam sangkar diberi air minum dan untuk menjaga kebersihannya, air minum minimal diganti secara rutin minimal satu kali sehari.

Cara Merawat Burung Jalak Kapas

Agar burung tidak stres dan nafsu makannya berkurang akibat tidak nyaman, maka bersihkan kandang secara rutin. Pembersihan kandang ini juga bertujuan agar burung tidak mudah terserang penyakit.

Agar burung jalak kapas mendapatkan udara luar yang lebih segar, lakukan pengembunan secara rutin setiap pagi hari jam 7-8 hanya di pagi hari dan sore hari di jam 4-5.

Untuk menjaga kebersihan burung dan burung lebih terlihat segar, maka mandikan burung jalak kapas secara rutin setiap pagi dengan cara menyemprotkan air. Setelah selesai dimandikan, lakukan penjemuran selama sekitar 1 jam agar burung jalak kapas mendapatkan vitamin D.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa