Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses – Belibis (Dendrocygna) merupakan sejenis unggas yang memiliki suara indah seperti sebuah siulan yang panjang. Di alam bebas, burung belibis ini hidup bebas dan gemar berada di lingkungan yang basah.

Klasifikasi Ilmiah Burung Belibis
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Subfamili: Dendrocygninae
Genus: Dendrocygna

Burung belibis memiliki bulu kecoklatan. Burung belibis ini banyak dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Berikut cara ternak burung belibis:

Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula

Pemilihan Lokasi dan Kandang Budidaya Burung Belibis

Lokasi yang dipilih untuk ternak burung belibis yaitu area di sekitar pinggiran sungai atau bisa juga dengan alternatif menyediakan kolam disekitar kandang, mengingat di habitat aslinya burung belibis menyukai wilayah berair.

Kandang burung belibis dibuat dengan ukuran sekitar 10×6 meter dengan menggunakan bahan kayu atau bambu yang penting tahan lama dan kuat. Dalam kandang nantinya, disediakan tempat makan dan minum bagi burung belibis.

Pemilihan Bibit Burung Belibis

Bibit burung belibis dapat diperoleh dengan mencarinya di alam bebas atau membelinya di peternak yang menyediakannya. Minimal siapkan 3 pasang burung belibis jika ingin membudidayakannya. Pilih bibit yang sehat, tidak ada cacat, memiliki nafsu makan tinggi dan juga aktif.

Cara Mengkawinkan Burung Belibis

Karena merupakan salah satu hewan setia, satu ekor jantan burung belibis hanya akan mengawini satu ekor betina yang telah menjadi pasangannya. Cara mengawinkan burung belibis mudah saja, dekatkan jantan dan betina maka ia akan berkawin dengan sendirinya.

Masa Bertelur dan Pengeraman Telur Burung Belibis

Burung belibis dewasa yang telah berkawin dapat menghasilkan telur selama tiga kali dalam setahun dan setiap bertelur menghasilkan 7-9 butir telur. Hal ini terjadi karena burung belibis menyukai masa-masa tertentu untuk kawin dan di musim kawin tersebut jantan dan betina yang telah berpasangan akan mendekat secara refleks dan berkawin. Burung belibis akan mengerami telurnya selama 21 hari.

Makanan Burung Belibis

Pakan yang dapat diberikan pada burung belibis yang baru menetas yaitu ikan-ikan kecil agar nutrisinya bertambah dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, berikan pula Berikan multivitamin dari bahan alami seperti madu atau kunyit untuk menjaga kesehatan dan menjaga kehangatan tubuhnya, cukup berikan secara berkala sebanyak seminggu sekali dengan cara dicampurkan dengan air minumnya.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa