Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Cililin (Platylophus Galericulatus) merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara panjang dan keras. Burung yang masih berkerabat dengan burung gagak ini, sering dijadikan sebagai burung pemasteran pada burung kicau lainnya seperti burung kacer, burung cucak ijo hingga burung murai batu.

Ada 2 jenis burung cililin yaitu burung cililin cokelat (banyak ditemukan di hutan sumatera) dan burung cililin hitam (banyak ditemuka di hutan jawa). Ciri-ciri burung cililin ini diantaranya memiliki bentuk badan yang besar, terdapat jambul pada bagian kepalanya serta bagian tengkuk berwarna putih kombinasi hitam dan juga bulu pada bagian ekor panjang dan agak lebar.

Cara Ternak Budidaya Burung Cililin Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Burung Cililin

Kandang yang perlu disiapkan untuk burung cililin bisa berupa sangkar atau kandang permanen. Pastikan kandang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar burung lebih nyaman.

Proses Pendekatan dan Penjinakan Burung Cililin

Lakukan pendekatan dan penjinakan burung cililin ini dengan baik, karena tanpa adanya pendekatan yang baik, bisa saja burung cililin yang sedang dipelihara justru akan menjadi stres dan pada akhirnya akan mati.

Makanan Burung Cililin

Pakan yang diberikan pada burung cililin bisa berupa voer, jangkrik dan kroto. Selain itu, bisa juga diberi pakan buah-buahan seperti pepaya atau pisang. Selain diberi pakan, berikan pula vitamin bagi burung agar burung memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Cara Merawat Burung Cililin

Pasokan oksigen yang baik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan burung cililin menjadi lebih cepat, untuk itu lakukan pengembunan atau angin-anginkan burung pada pukul 05.00-05.30 seusai subuh.

Jaga kebersihan burung dengan memandikannya, cara memandikan burung cililin dapat dilakukan dengan menyemprotkan air dari luar sangkar atau mengusapkan air secara perlahan ke tubuhnya. Setelah dimandikan, jemur burung dibawah sinar matahari selama 15-40 menit.

Selain itu, lakukan pembersihan kandang secara rutin agar burung cililin tidak mudah terserang penyakit, ganti pula pakan dan air minumnya setiap hari.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa