Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses  – Cucak Wilis atau Cucak Gunung (Pycnonotus bimaculatus) adalah jenis burung kicauan yang merupakan burung endemik Indonesia dengan daerah persebarannya terdapat di Sumatra, Jawa, sampai Bali. Burung cucak wilis banyak ditemukan di areal pegunungan dengan ketinggian mencapai 3000 mdpl. Nama lain burung cucak wilis yaitu cucak gunung, burung cucak rante, dan cucak rengganis serta dalam bahasa inggris disebut dengan orange-spotted bulbul.

Ciri khas burung cucak wilis bisa diamati dari suaranya yang terdengar cukup riuh, burung cucak wilis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar mencapai 20 cm. Paruh burung cucak wilis tidak begitu panjang dan terlihat berwarna hitam.

Warna bulunya cukup cantik yaitu coklat kehitaman yang disapu dengan campuran warna hijau zaitun yang ada di bagian punggung tubuhnya. Bagian dagu, tenggorokan, dan dadanya memiliki warna hitam kecoklatan; bagian perutnya berwarna putih keabuan; bagian tunggir dekat pangkal ekornya terlihat berwarna kuning, kepalanya berwarna coklat yang mana ada bentuk jambulnya. Sedangkan bagian kedua belah pipinya tampak dengan warna kuning. Bagian ekornya berwarna coklat kehitaman dengan ukuran cukup panjang.

Cara Ternak Budidaya Burung Cucak Wilis

Persiapan Kandang Burung Cucak Wilis

Kandang untuk ternak burung cucak wilis bisa disiapkan dengan membuatnya sendiri atau membelinya di kios burung. Ukuran kandang atau sangkar dapat disesuaikan tapi jangan terlalu kecil maupun terlalu besar .

Pemilihan Burung Cucak Wilis

Pilihlah burung cucak wilis yang berkualitas, sehat dan tidak ada cacat, lincah, memiliki nafsu makan yang baik. Disarankan pilih burung cucak wilis jenis kelamin jantan karena suaranya lebih keras dan apabila perawatan dilakukan dengan baik maka kualitas suara yang akan dihasilnya juga akan lebih merdu dan enak untuk di dengar.

Makanan Burung Cucak Wilis

Pakan yang diberikan pada burung cucak wilis bisa berupa voer; buah-buahan seperti buah pisang kepok, pepaya, atau mangga; serta serangga seperti jangkrik dan lain sebagainya.

Perawatan Burung Cucak Wilis

Selain pakan, burung cucak wilis juga harus diberi minum. Pakan dan minum harus diganti secara rutin. Sering-sering bersihkan kandang burung agar kotorannya tidak menumpuk dan membuat burung terganggu dan stres.

Agar burung tetapbersih dan bulunya rapi, mandikan burung cucak wilis minimal dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari dengan cara disemprot air dengan botol spray. Setelah dimandikan, jemur burung agar mendapat vitamin D dari matahari, penjemuran ini dilakukan sekitar 1 jam yaitu setiap jam 7-8 pagi.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa