Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Murai Ekor Panjang Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Murai Ekor Panjang Bagi Pemula Agar Sukses – Burung murai atau shamas merupakan burung pemakan serangga berukuran sedang (beberapa juga makan buah beri dan buah lainnya) dalam genus Copsychus. Burung jenis ini banyak ditemukan di area taman dan hutan di Afrika dan Asia.

Murai ekor panjang adalah salah satu spesies burung murai yang banyak di pelihara dan dicari pecinta burung. Burung murai ekor panjang yang paling terkenal yaitu Murai Batu Medan karena burung murai jenis ini memiliki warna serta kicauannya yang merdu.

Cara Ternak Budidaya Burung Murai Ekor Panjang

Persiapan Kandang Ternak Burung Murai Ekor Panjang

Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung murai ekor panjang dapat berupa kandang besar atau berupa sangkar yang bisa dibeli di toko burung. Ukuran kandang jangan terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dalam kandang atau sangkar diletakkan sarang (jika pada sangkar) atau glodokan (jika dikandang yang luas), tenggeran dan juga tempat makan dan minum.

Pemilihan Indukan Burung Murai Ekor Panjang

Pilih indukan burung murai ekor panjang yang berkualitas, pastikan kondisi indukan tersebut sehat, aktif, memiliki bulu yang indah dan tidak cacat. Pilih burung murai ekor panjang jantan telah berumur sekitar 2 tahun lebih untuk dijadikan indukan ini karena sel spermanya sudah matang, sedangkan burung murai ekor panjang dipilih yang telah berumur 1 tahun lebih karenapada usia ini organ reproduksinya sudah matang.

Makanan Burung Murai Ekor Panjang

Pakan yang diberikan pada burung murai ekor panjang dapat berupa voer, kroto, ulat hongkong atau pakan lainnya. Berikan juga vitamin pada burung murai ekor panjang untuk membantu pertumbuhannya.

Selain pakan dan vitamin, berikan minum sebanyak 4 atau 5 kali lebih banyak dari jumlah pakan yang anda berikan setiap harinya.

Cara Merawat Burung Murai Ekor Panjang

Burung murai yang berusia 7-14 hari bisa diberi pakan berupa campuran voer dan kroto yang diencerkan. Pemberian pakan ini dilakukan 1 jam sekali. Setelah burung berusia 15 hari, bisa diberi pakan kroto secara langsung.

Jangan lupa ganti pakan dan minum setiap hari, untuk menjaga kebersihan burung maka mandikan burung setiap pagi dengan cara disemprot air menggunakan spray setelah itu jemur selama sekitar 1 jam.

Agar burung murai ekor panjang tidak terserang penyakit, maka bersihkan kandang secara rutin dari kotoran dan sisa pakan yang telah membusuk.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Murai Ekor Panjang Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa