Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dari Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dengan Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses – Maggot atau larva merupakan hewan yang hidup dari bungkil kelapa sawit. Pengembangan maggot ini dilakukan dengan bantuan lalat bunga bernama Black Soldier (Hermetia illucens). Lalat jenis ini merupakan lalat bunga yang memiliki sifat menghisap madu bunga dan mengkonsumsi bungkil kelapa secara bergerombol. Hewan tersebut bisa ditemukan pada bahan organik yang sudah membusuk seperti bangkai, buah, sayur mayur yang rusak atau yang lainnya.

Maggot memiliki kadar protein yang tinggi yakni sekitar 43% dan jika sudah dijadikan pakan dalam bentuk pelet maka kadar proteinnya menjadi sekitar 30-40%. Karena kadar protein yang tinggi, banyak orang yang melakukan ternak maggot ini untuk pakan ikan.

Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya maggot dengan ampas tahu, berikut cara selengkapnya:

Cara Budidaya Maggot Dengan Ampas Tahu Bagi Pemula

Persiapan Alat dan Bahan Budidaya Maggot

Siapkan alat dan bahan seperti ember besar atau bak, plastik, tali dan juga ampas tahu sebagai media utama.

Jika semua sudah siap. Buatlah beberapa lubang kecil di ember atau bak berukuran sekitar 1-2 cm dengan jarak yang tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jauh. Jika sudah, selanjutnya cuci ember/bak.

Gunakan ember atau bak yang tinggi agar hasil panen maksimal karena belatung hanya akan menempel di bagian permukaan saja. Siram ember maupun bak tersebut dengan air panas agar bersih dari berbagai jenis bakteri. Kemudian siapkan berbagai bahan lain seperti tali dan ampas tahu. Tali digunakan untuk menggantung ember yang menjadi wadah belatung tersebut. Ini dilakukan agar mengundang lalat dan lebih mudah dalam proses beternak.

Pembiakan Lalat

Untuk menghasilkan maggot maka perlu disiapkan indukan yang berupa lalat. Untuk memikat lalat masuk dalam bak atau ember yang sudah disiapkan maka campurkan ampas tahu denngan sedikit ikan asin.

Biarkan lalat bebas mengerumuni ampas tahu agar larva bisa tumbuh dalam bak atau ember yang telah disiapkan sebelumnya. Biasanya dalam beberapa hari maggot akan mulai muncul.

Panen Maggot

Biasanya setelah telur-telur lalat diletakkan maka akan menetas menjadi larva setelah 6-7 hari berikutnya. Setelah 7 hari maka maggot akan mulai terlihat. Setelah terlihat, maka maggot tersebut bisa langsung dipanen. Biasanya akan di butuhkan waktu sekitar 2 minggu dari awal proses pembuatan alat hingga panen. Biasanya pemanenan maggot dilakukan secara manual menggunakan jebakan manggot agar lebih mudah.

Demikian pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dari Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinga kami berikutnya.Sampai Jumpa

Rate this post