Panduan Lengkap Cara Budidaya Rayap Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rayap Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula  – Rayap adalah salah satu jenis serangga sosial yang termasuk anggota infraordo Isoptera, yaitu bagian dari ordo Blattodea. Rayap dikenal luas sebagai hama penting dalam kehidupan manusia. Rayap umumnya bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah. Akibatnya ini menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi bagi manusia. Selain disebut rayap, nama lain rayap adalah semut putih.

Walaupun begitu, meski dikenal sebagai perusak perabotan kayu, rayap juga banyak dibudidayakan untuk mendapatkan keuntungan.

Cara Budidaya Rayap Bagi Pemula

Pembuatan Rencana Budidaya Rayap

Sebelum melakukan budidaya maka perlu memikirkannya matang-matang, apa saja yang di perlukan dan bagaimana cara pemasarannya dengan melihat perkembangan di wilayah masing-

Pemilihan Lokasi Budidaya Rayap

Pilih lokasi budidaya yang strategis. Rayap tidak membutuhkan tempat berlantai bagus, tapi pastikan ada sesuatu yang bisa memancing kedatangan para koloni tersebut. Namun lebih jelasnya, kalian harus menyiapkan ruangan khusus yang masih berlantai tanah, agar rayap lebih mudah berinteraksi. Selain itu pastikan tempat yang disediakan jauh dari sinar matahari. Karena rayap lebih menyukai daerah gelap dan dingin.

Sediakan Kayu

Batang kayu bisa disiapkan untuk memancing para koloni rayap untuk datang. Seperti yang diketahui rayap merupakan hama perusak perabot kayu. Dengan terciptanya ruangan nyaman yang diberikan kayu atau apa saja berbahan kayu akan lebih cepat memanggil mereka, terlebih lagi jika sedikit lembab.

Persiapan Bibit Rayap

Untuk pembudidaya pemula bisa membeli rayap di pembudidaya lain untuk dijadikan bibit, tujuannya untuk mempercepat mengundang teman-temannya yang lain. Perlu diketahui fakta menarik tentang rayap, mereka akan meninggalkan jejak aroma untuk bisa di ikuti teman-temannya. Dengan menerapkan cara ini maka populasi rayap akan semakin cepat bertambah banyak setiap waktunya.

Sediakan Ember

Siapkan ember untuk penempatan para koloni rayap sebelum mereka cepat hilang. Pada saat rayap sudah cukup banyak, sebaiknya anda segera mengemas pada ember tersebut. Akan tetapi yang pasti tidak semua bisa di angkut, sisakan untuk perkembangbiakan berikutnya. Apabila sudah banyak letakkan pada tempat yang tidak bisa membuat rayap kabur, seperti etalase kaca.

Pemberian Nutrisi Rayap

Meski rayap adalah hewan yang sangat kecil selayaknya semut, tetapi mereka juga memerlukan nutrisi cukup untuk gizi seimbangnya mengingat rayap untuk budidaya. Dengan pemberian nutrisi yang seimbang maka akan menghasilkan kualitas rayap memuaskan dan harga lebih tinggi di pasaran. Pakan atau nutrisi khusus untuk rayap bisa dibeli di kios pakan burung dan sejenisnya.

Pemanenan dan Pemasaran Rayap

Panen rayap bisa dikemas dalam wadah gelas bekas minuman lalu bisa di jual. Untuk pemasarannya, perlu pandai melihat perkembangan dan keadaan yang pas. Lebih baik lagi jika memiliki tempat kosong yang bisa di jadikan kios kecil.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Rayap Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa