Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Urang-Aring “Tanaman Penyubur Rambut” Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Urang-Aring “Tanaman Penyubur Rambut” Bagi Pemula – Urang-aring (Eclipta alba (L.) Hassk., sin. Eclipta prostrata L.) adalah sejenis tumbuhan yang kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma, tanaman ini merupakan anggota suku Asteraceae. Tanaman urang aring ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut. Selai itu, urang-aring juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat. Nama lain urang-aring diantaranya yaitu orang-aring; te-lenteyan ; daun tinta; daun sipat, keremak jantan; dan false daisy.

Klasifikasi Ilmiah Urang-Aring
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Eclipta
Spesies: E. alba

Urang-aring menghasilkan zat pewarna hitam. Cairan sarinya digunakan untuk menghitamkan rambut dan untuk membuat tato. Daun urang-aring diremas-remas dalam air, yang kemudian digunakan untuk mendinginkan kepala serta untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut.

Cara Budidaya Tanaman Urang-Aring Bagi Pemula

Syarat Tumbuh Tanaman Urang-Aring

Tanaman urang aring termasuk tanaman tropis. Tanaman ini mampu tumbuh dari tepi pantai hingga ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut. Tanaman ini termasuk tanaman liar dan suka tumbuh di pinggir selokan, tanah lapangan dan di pinggir jalan secara terbuka.

Perbanyakan Bibit Tanaman Urang-Aring

Tanaman urang-aring bisa diperbanyak secara generatif (biji). Karena tanaman ini tumbuh secara liar, sehingga penyebaran tanaman secara alami oleh serangga dan angin. Perbanyakan tanaman secara generatif yang menggunakan biji/benih yang berkualitas belum bisa dijamin karena merupakan hasil persilangan dan penyerbukan sendiri.

Penanaman Tanaman Urang-Aring

Bersihkan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman urang aring, kemudian gemburkan tanah pada lahan dengan cara dicangkul atau dibajak, setelah itu lakukan pemupukan dasar dengan pupuk kandang. Selanjutnya, lakukan penugalan dengan jarak tanam sekitar 40-50 cm. Penanaman bisa dilakukan secara langsung di lapangan dengan biji sebanyak 2-3 biji/lubang tanan, dengan cara ditugal, biji yang dicampur dengan abu dapur lalu ditutup dengan tanah.

Selain langsung ditanam, biji bisa disemai terlebih dahulu dibedengan, jika sudah setinggi sekitar 5-10 cm maka bisa dipindahkan ke lahan tanam sebenarnya atau bisa juga ditanam di pot/polybag yang telah berisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.

Pemeliharaan dan Pemanenan Tanaman Urang-Aring

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman urang aring, dan dilakukan pembumbunan tanah agar tanaman tumbuh baik. Pemanenan urang-aring bisa dilakukan dengan cara herba dipetik baik berupa daun segar, kering maupun dijadikan bubuk.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Urang-Aring “Tanaman Penyubur Rambut” Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post