Cara Dan Tips Budidaya Jahe Yang Baik Dan Benar

Posted on

e. Pemeliharaan Tanaman
Penyulaman atau mengganti rimpang yang mati atau rusak dengan tanaman atau rimpang baru pada saat 2 sampai 3 minggu setelah penanaman.

Penyiangan dilakukan untuk pertama kali yaitu pada saat tanaman berumur sekitar 2 hingga 4 minggu, penyiangan berikutnya dilakukan sebanyak sekali dalam waktu 3 hingga 6 minggu tergantung dengan jumlah gulma yang ada. Tapi setelah jahe berumur sekitar 6 bulan hingga 7 bulan, tidak perlu melakukan penyiangan lagi karena rimpang sudah berukuran cukup besar.

Pembubuhan juga perlu dilakukan dengan tujuan agar rimpang yang terlihat kepermukaan tanah dapat tertutup kembali. Selama umur tanaman jahe pembubunan dilakukan sebanyak 2-3 kali tergantung kondisi tanah dan curah hujan.

Pemupukan juga dilakukan, pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik atau konvensional.

Untuk penyiraman, Tanaman Jahe tidak memerlukan air yang terlalu banyak untuk pertumbuhannya.

f. Hama dan Penyakit
Hama yang sering menyerang tanaman jahe : Kepik, Ulat penggesek akar, dan Kumbang.
Penyakit yang sering menyerang tanaman jahe: Penyakit layu bakeri, Penyakit busuk rimpang, dan Penyakit bercak daun.

g. Pemanenan
Pemanenan Jahe dapat dilakukan tergantung dari penggunaan, bila jahe digunakan untuk kebutuhan bumbu penyedap masakan, maka pada umur kurang lebih sekitar 4 bulan jahe sudah dapat dipanen. Namun biasanya jahe dipanen pada umur sekitar 10 bulan hingga 12 bulan, dengan ciri-ciri yang siap panen adalah daun berubah warna dari hijau menjadi kuning dan batangnya semua mengering.

Cara pemanenannya adalah dengan cara tanah dibongkar menggunakan alat garpu atau cangkul dengan hati-hati agar rimpang tidak terluka atau rusak. Setelah itu tanah atau kotoran yang lain dibersihkan dari rimpang dengan dicucu. Kemudian setelah bersih jahe dijemur selama sekitar 1 minggu. Selanjutnya simpan pada tempat terbuka dan lembab jika ditumpuk, jangan tumpuk terlalu tinggi melainkan agak disebar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Budidaya Jahe Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post