Panduan Lengkap Cara Memancing Walet Masuk Rumah Dengan Cepat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Memancing Walet Masuk Rumah Dengan Cepat – Burung walet (Collocalia vestita) merupakan jenis burung yang memiliki sayap berbentuk meruncing, memiliki ekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuh berwarna coklat. Burung walet ini banyak hidup di pantai serta daerah permukiman, menghuni gua atau ruang besar, mereka bersarang secara berkelompok dengan sarang yang dibuat dari air liur.

Sarang walet dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan banyak diperdagangkan orang untuk dibuat sup atau bahan obat-obatan, selain itu harganya juga sangat mahal. Untuk itu, tak jarang orang banyak memburu sarang walet tersebut yang pada umumnya sarang itu berada ditempat yang sulit dijangkau seperti gua yang sangat tinggi.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memancing burung walet masuk ke rumah buatan atau cara membuat burung walet cepat menginap, berikut selengkapnya:

Cara Memancing Walet Masuk Rumah Dengan Cepat

Pastikan suhu dan kelembapan ruangan sudah sesuai dengan habitat asli walet. Hal ini diduga karena aroma ruangan yang menyebabkan walet enggan singgah di rumah dan membuat sarang. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan pemikat walet.

Gunakan teknik memancing walet dengan aroma pemikat yang berasal dari kotoran walet atau juga kotoran telur itik dan air. Sebab, bau anyir diharapkan mampu memancing walet. Perlu diketahui juga, pemberian aroma perlu diulang agar lebih efektif.

Ramuan aroma pemikat walet berbahan dasar kotoran walet. Kotoran tersebut bisa dengan mudah didapatkan di toko sarana walet. Meski begitu, kotoran harus segar dan tidak tercampur dengan kotoran binatang lain seperti kambing atau kelelawar.

Jika sudah didapatkan, kotoran walet direndam dan diamkan semalaman agar terjadi reaksi antarkeduanya. Setelah itu, rendaman kotoran walet tersebut disaring dengan kain kasa, dikenal dasar aroma tembok (DAT). Air tersebut kemudian disemprotkan ke seluruh permukaan dinding dalam ruangan dengan dosis 10 liter/50m2. Penyemprotan cukup sekali dilakukan ketika bangunan selesai, fungsinya untuk menghilangkan aroma tembok.

Selanjutnya, meramu pemikat walet. Air saringan kotoran walet dan minyak ikan dengan perbandingan 30:20 diaduk rata. Larutan tersebut kemudian disemprotkan 10 hari setelah DAT. Dosisnya 10 liter/50m2. Penyemprotan diulang kembali setiap 50 hari.

Waktu yang tepat pemakaian aroma pemikat, yaitu pada Agustus-September saat walet-walet muda terbang ke luar rumah untuk mencari makan sekaligus pasangan. Ini berlaku untuk rumah walet di daerah lintasan. Jika bangunan di daerah sentra walet, pemakaian aroma pemikat bisa kapan saja. Dalam tempo 2-3 bulan, walet bisa dipastikan sudah masuk rumah, meski hanya bermain-main dan belum menetap.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Memancing Walet Masuk Rumah Dengan Cepat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post