Cara Mudah Membedakan Ikan Sepat Jantan dan Betina Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Membedakan Ikan Sepat Jantan dan Betina Bagi Pemula – Sepat adalah nama dari ikan air tawar yang masuk dalam marga Trichogaster dan termasuk anggota suku gurami (Osphronemidae). Di Indonesia, ikan sepat dikenal sebagai ikan konsumsi tapi ada juga jenis ikan sepat yang dijadikan sebagai ikan hias. Ada beberapa jenis ikan sepat diantaranya Ikan Sepat rawa (Trichogaster trichopterus), Ikan Sepat siam (Trichogaster pectoralis), dan Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri).

Ciri-ciri ikan sepat diantaranya memiliki tubuh yang pipih jorong dengan moncong runcing dan mulut kecil. Sisik ikan ini kecil-kecil, tersusun miring dengan berbagai ukuran. Letak sirip punggungnya agak jauh kebelakang dan berakhir agak jauh dari sirip ekor. Sirip duburnya memanjang mulai dari bawah dada hingga pangkal ekor.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Sepat
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Anabantoidei
Famili: Osphronemidae
Genus: Trichogaster

Sebelum melakukan budidaya dan mengawinkan ikan sepat hias, maka perlu mengenal dan membedakan mana ikan sepat hias jantan dan maka yang betina. Nah kali kita akan membahas tentang cara membedakan ikan sepat hias jantan dan betina, berikut selengkapnya:

Cara Membedakan Ikan Sepat Jantan dan Betina

Melihat Bentuk Sirip Ikan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan ikan sepat jantan dan betina yaitu denga melihat bentuk sirip ikan sepat hias tersebut, terutama pada bagian sirip punggungnya. Sirip punggung ikan sepat betina akan terlihat membulat dan lebih pendek dibandingkan dengan ikan sepat hias jantan sehingga panjang dari sirip tersebut tidak mencapai dasar pangkal sirip yang berada dibagian ekor. Sedangkan sirip punggung ikan jantan akan terlihat meruncing dan panjang sehingga pangkal sirip punggungnya mencapai dasar sirip ekor yang dilengkapi dengan hiasan warna merah pada leher dan perut.

Postur Tubuh Ikan

Cara membedakan ikan sepat hias jantan dan betina bisa dengan melihat postur dari tubuh ikan tersebut. Postur tubuh ikan jantan dengan bentuk sirip yang dimilikinya akan terlihat menyerupai ikan gurami sedangkan postur tubuh ikan betina tidak karena bentuknya lebih membulat dibandingkan dengan ikan jantan yang ramping. Perbedaan postur tersebut memang akan sangat sulit terlihat bagi pemula yang belum memiliki pengalaman .

Ukuran Ikan

Dalam menentukan maka ikan sepat hias yang berjenis kelamin jantan dan mana yang memiliki jenis kelamin betina bisa dilakukan dengan melihat dari ukurannya. Ukuran ikan jantan lebih besar dan ramping dibandingkan dengan ikan betina yang terlihan lebih kecil tapi memiliki tubuh yang membulat. Perbedaan ini baru akan terlihat dengan jelas ketika dua jenis kelamin ikan sepat hias yang berbeda dipersatukan.

Ciri Morfologi Saat Matang Gonad

Ikan yang matang gonad merupakan salah satu syarat untuk bisa menjadikannya indukan dalam proses budidaya ikan sepat hias. Selain berguna untuk proses budidaya, bentuk atau ciri morfologi ikan saat matang gonad juga dapat menjadi dasar untuk membedakan antara jantan atau betina. Ikan betina yang matang gonad akan memiliki bentuk perut yang gendut dan mengarah pada bagian genitalnya sedangkan ikan jantan yang matang gonadnya akan memiliki tanda warna orange di sekitar dagu ikan tersebut.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Mudah Membedakan Ikan Sepat Jantan dan Betina Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa