Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun dan Biji Mimba untuk Mengendalikan Hama Tanaman MUDAH

Posted on

Pestisida Nabati dari Daun dan Biji Mimba – Hingga saat ini, pestisida kimia masih menjadi senjata ampuh petani untuk mengendalikan OPT di lahan pertanian. Hal ini dikarenakan penggunaan pestisida kimia lebih praktis dan hasil yang memuaskan. Namun, banyak petani tidak menyadari bahwa penggunaan pestisida kimia secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap ekosistem pertanian dan manusia. Karena itulah, salah satu alternatif paling tepat untuk mengatasi masalah OPT di lahan pertanian adalah dengan menggunakan pestisida nabati untuk menggantikan penggunaan pestisida kimia.

Indonesia merupakan negara yang memiliki flora sangat beragam, yang juga mencakup jenis tumbuhan dengan sumber bahan insektisida yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama. Famili tumbuhan yang dianggap merupakan sumber potensial insektisida nabati adalah Meliaceae, Annonaceae, Asteraceae, Piperaceae dan Rutaceae. Salah satunya adalah tanaman Mimba (Azadirachta indica A. Juss; Mileaceae).

Mimba (Azadirachta indica A. Juss; Mileaceae), merupakan salah satu tumbuhan sumber bahan pestisida (pestisida nabati) yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama. Bagian tanaman mimba yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati adalah daun dan bijinya. Ekstrak daun dan biji mimba mengandung senyawa aktif utama azadiraktin. Selain bersifat sebagai insektisida, mimba juga memiliki sifat sebagai fungisida, virusida, nematisida, bakterisida, maupun akarisida. Mimba tidak membunuh hama secara cepat, namun mengganggu hama pada proses makan, pertumbuhan, reproduksi dan lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Mengkudu

Kandungan Daun dan Biji Mimba

Daun dan biji tanaman mimba memiliki kandungan senyawa aktif utama azadiraktin yang memiliki aktivitas mengurangi nafsu makan serangga dan bertindak sebagai penolak (repellent). Senyawa ini juga memiliki efek mengganggu sistem hormon pada serangga, sehingga dapat menekan populasi serangga, serta memiliki kemampuan untuk mengusir dan mengurangi nematoda.

Kandungan bahan aktif lainnya yaitu salanin, meliantriol, nimbin dan nimbidin. Salanin berfungsi sebagai penurun nafsu makan (anti-feedant) yang mengakibatkan daya rusak serangga sangat menurun, meskipun serangganya sendiri belum mati.

Meliantriol berperan sebagai penghalau (repellent) yang mengakibatkan serangga hama enggan mendekati zat tersebut.

Nimbin dan nimbidin berperan sebagai anti mikroorganisme seperti antivirus, bakterisida, dan fungisida yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mengendalikan penyakit tanaman.

Selain bersifat sebagai insektisida, tumbuhan tersebut juga memiliki sifat sebagai fungisida, virusida, nematisida, bakterisida, mitisida dan rodentisida. Senyawa aktif tersebut telah dilaporkan berpengaruh terhadap lebih kurang 400 serangga.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Sirsak

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Mimba

Siapkan 100gram daun mimba lalu haluskan menggunakan blender dengan menambahkan 0,5 liter air, setelah itu saring menggunakan kain kasa. Selanjutnya larutan tersebut sudah siap digunakan sebaga

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Biji Mimba

Siapkan 35gr biji mimba kering, lalu blender hingga halus. Selanjutnya rendam dalam 1 liter air selama 12-24 jam. Larutan siap diapikasikan.

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun dan Biji Mimba

Siapkan daun dan biji mimba seberat 1 kg, lalu tumbuk dan rebus dengan 15 liter air. Didinginkan selama 12 jam, larutan siap digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun dan Bahan Lainnya

Siapkan daun mimba sebanyak 12 kg, lengkuas sebanyak 8 kg dan sereh 8 kg. Cara membuatnya yaitu dengan rajang dan haluskan ketiga bahan tersebut, lalu rendam dengan air yang ditambah dengan alkohol 1% selama 2 malam. Larutan disaring dan siap digunakan.

Cara penggunaan pestisida campuran ini yaitu dengan mencampurkan larutan pestisida 200 cc dengan 10 liter air. Masukkan larutan ke tangki semprot lalu aplikasikan untuk mengendalikan hama tanaman.

Beberapa OPT yang dapat dikendalikan oleh pestisida nabati dari mimba yang sudah dicampur dengan bahan lain adalah Nematoda puru akar, Meloidogyne sp, Helicoverpa armigera, ulat tanah, Spodoptera, Fusarium oxysporium, Colletotricum, dan Hemileia vastatrix.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun dan Biji Mimba Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.