Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula – Cocor Bebek atau Suru Bebek adalah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena perkembangbiakannya yang melalui tunas daun (tunas/adventif). Nama latin cocor bebek yaitu Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum. Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah namun banyak pula yang tumbuh liar di kebun dan pinggir parit yang memiliki tanah berbatu.

Klasifikasi ilmiah Cocor Bebek
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Saxifragales
Famili: Crassulaceae
Genus: Kalanchoe
Seksi: Bryophyllum
Spesies: Kalanchoe pinnata

Cocor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin. Cocor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok dan penyakit kulit lain, menyembuhkan demam, memperlancar haid dan obat luka.

Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot

Persiapan Pot dan Media Tanam Cocor Bebek

Pertama, siapkan terlebih dahulu tempat tanam bunga berupa pot, polybag atau wadah lainnya Selanjutnya, siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos. Jika sudah siap, masukkan media tanam ke tempat tanam.

Penanaman Cocor Bebek Dalam Pot

Ambil 2 helai daun cocor bebek dari tanaman cocor bebek yang tua, lalu letakkan daun tersebut di pot, kemudian tutup dengan tanah tipis saja lalu siram pot dengan menggunakan sistem spray untuk menjaga kelembaban media tanam. Biarkan hingga cocor bebek mengeluarkan tunas dan tumbuh.

Cara perkembangbiakan secara tunas daun pada cocor bebek akan menghasilkan beberapa batang tanaman dalam satu daun. Setelah tanaman cocor bebek tumbuh dan telah mencapai ketinggian 10 -15 cm, lakukan penjarangan dengan cara memindahkan sebagian batang tanaman ke media tanam lainnya dan sisakan 2-3 tanaman saja dalam satu pot.

Perawatan Tanaman Cocor Bebek Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin maksimal setiap 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, penyiraman tersebut bisa menggunakan air cucian beras atau air biasa. Selain itu lakukan pemupukan dan penyiangan sebanyak 2 minggu sekali secara rutin. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Sedangkan, tujuan penyiangan yaitu agar nurtrisi yang dibutuhkan tanaman tidak berebut dengan gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa