Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Melati (Jasminum) merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan karena aroma khas yang dimilikinya. Terdapat sekitar 200 spesies melati yang ada. Bunga melati yang sering kita temui adalah warna umum berwarna putih meski banyak warna yang lainnya. biasanya bunga melati digunakan untuk campuran teh atau juga aksesoris pengantin dalam pernikahan.

Klasifikasi ilmiah Bunga Melati
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum

Manfaat bunga melati diantaranya yaitu sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati.

Bunga dan daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu. Tapal daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya digunakan untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asthma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac berkhasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka. Selain itu, beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga melati mini dalam pot, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Bunga Melati Mini Dalam Pot

Persiapan Pot dan Media Tanam Melati Mini

Siapkan beberapa pecahan genting atau batu bata dan masukkan ke dalam pot bunga yang disiapkan. Pastikan pecahan tersebut terletak di bagian paling dasar pot. Pecahan genting atau batu bata tersebut digunakan sebagai media penyerap air, sehingga saat tanaman disiram, air tidak akan menggenangi pot.

Karena jika pot tergenang air, maka akan terjadi pembusukan pada akar dan berakibat pada kematian bunga melati. Setelah meletakkan pecahan genting atau batu bata, persiapkan tanah sebagai media tanam atau bisa dengan campuran tanah subur, pupuk kendang atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

Penanaman Melati Mini Dalam Pot

Jika pot dan media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan campuran tanah sekitar sepertiga dari ukuran pot, tanamkan bibit bunga yang sudah berisi media tanam. Setelah dimasukkan, tambahkan media tanam hingga sekitar 2 cm dari bibir pot lalu padatkan dengan cara ditekan perlahan dengan menggunakan ibu jari. Jika sudah selesai, lakukan penyiraman secukupnya saja jangan sampai tergenang.

Setelah itu, letakkan pot bunga melati mini pada tempat yang teduh dan lembab namun tetap mendapatkan sinar matahari hingga bibit bunga melati mini muncul tunas-tunas daun baru. Jika sudah mulai tumbuh daun, letakkan bunga melati mini diletakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari cukup.

Disarankan untuk mengeluarkan pot bunga pada saat pagi hari di bawah cahaya alami matahari pagi agar bunga melati mini bisa berfotosintesis dengan baik dan tumbuh normal.

Cara Merawat Bunga Melati Mini

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, secukupnya saja jangan sampai tergenang.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga melati mini terpenuhi sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan berbunga banyak, maka lakukan pemupukan setelah tanaman melati mini berumur 2 minggu. Pupuk yang dapat digunakan bisa berupa pupuk NPK dengan dosis 5 g/tanaman dan pemupukan ini dilakukan setiap sebulan sekali.

Setelah bunga melati mini berumur 1 bulan, pot mulai ditumbuhi rumput-rumput liar atau gulma maka lakukan pembersihan gulma tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan bunga melati mini dan nutrisi pupuk bisa terserap dengan maksimal,

Agar tanaman melati mini cepat berbunga, maka lakukan pemangkasan. Pemangkasan biasanya dilakukan pada musim kemarau dan dilakukan pada batang atau cabang yang sudah tua dan tidak produktif lagi.

Lakukan pemangkasan bentuk dengan standar cabang utama melati dibentuk setinggi 30 cm dan cabang yang menjulur, sebaiknya jangan dibiarkan memanjang. Selain itu, untuk menghasilkan bunga melati yang berukuran besar kuncup bunga, disarankan untuk memotong semua kuncup bunga dan sisakan satu kuntum melati mini sebagai bunga utamanya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa