Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula – Euphorbia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga yang memiliki sekitar 2.420 spesies. Euphorbia ini selain difungsikan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga obat-obatan dan juga gulma. Di Afrika, orang-orang afrika menggunakan tumbuhan ini untuk kandang ternak. Sedangkan di Meksiko, tumbuhan dari genus Euphorbia digunakan sebagai bahan pembuat lilin, pelumas dan kertas waterproofing.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Subfamili: Euphorbioideae
Bangsa: Euphorbieae
Subbangsa: Euphorbiinae
Genus: Euphorbia

Euphorbia ini memiliki struktur bunga yang unik yaitu terdiri dari bracts daun yang berwarna mencolok seperti warna kuning, merah, ungu, coklat, atau hijau dengan ukuran yang kecil. Euphorbia memiliki getah susu. Getah susu Euphorbia dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dan ketidaknyamanan parah jika tertelan.

Walaupun dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, paera pecinta tanaman hias tetap menanam tanaman ini untuk dijadikan tanaman hias dirumah mereka. Bagi anda yang ingin menanam atau budidaya tanaman hias bunga euphorbia, kali ini kita akan memberikan tips cara menanam bunga euphorbia. Namun sebelun itu kalian harus tahu bahwa batang tanaman bunga euphorbia tidak dapat menyimpan cadangan air, namun tanaman euphorbia tersebut tidak tahan terhadap panas dan air yang berlebihan.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia

Cara Menanam Bunga Euphorbia

Keberhasilan menanam dan merawat bunga euphorbia terdapat pada media tanam yang baik. Dengan menggunakan media tanam yang baik, akan membuat tanaman euphorbia tumbuh subur. Selain itu tanaman juga sehat, akar kuat, batang kokoh, serta rajin berbunga.

Maka, media tanam yang digunakan harus terdapat unsur hara dalam jumlah memadai. Pot sebagai wadah tanam seharusnya dipilih yang memiliki drainase baik.

Untuk memenuhi persyaratan itu, media tanam yang digunakan dapat berupa campuran sekam bakar, cocpeat, serta pasir dengan perbandingan 3 : 1 : 1. Selain gampang ditembus oleh akar, sekam bakar juga punya sifat kokoh serta dapat menyimpan unsur hara ataupun pupuk. Coco peat merupakan komponen utama media tanam. Fungsi utamanya yaitu sebagai penyimpan air atau unsur hara, namun tidak membuat media jadi tergenang. Pasir berguna meningkatkan porositas media sehingga air siraman tidak akan menggenang. Selain itu, pasir juga bermanfaat sebagai penyela antara sekam bakar dan juga coco peat. Jika komposisi media tanam terlalu porous, unsur hara yang ada pada media banyak yang hanyut bersama dengan air siraman. Oleh karna itu, daun euphorbia menguning sebab defisiensi unsur hara. Sementara, jika porositasnya rendah, air banyak menggenang di dalam media tanam hingga media terlalu lembab. Akibatnya, akar bunga euphorbia mudah membusuk karena terserang jamur ataupun bakteri. Selain itu, bermacam jenis penyakit akan gampang menyerang karena media tanaman terlalu lembab.

Perawatan Bunga Euphorbia

Pada saat pembungaan, berikan naungan dengan intensitas cahaya 70 %. Pada saat proses pembungaan berlangsung intensitas cahaya matahari yang lumayan terik sangat dibutuhkan. Karena tanaman euphorbia tidak bisa berbunga pada tempat yang teduh. Tanaman memang harus ditaruh di tempat yang teduh tapi dengan waktu yang singkat saja. Jika terlalu lama bunga bisa menguncup lagi dan bisa menyebabkan gagal bunga. Saat tanaman di beri naungan dengan intensitas cahaya 70 %. Saat itu pula tanaman harus di lakukan penyiraman dengan cara rutin. Pada saat itu, tanaman harus di siram sebanyak 2 kali dalam sehari.

Lakukan pergiliran masa penyuburan dan juga pembungaan. Pergiliran pada waktu penyuburan serta pembungaan pada tanaman itu sangat dibutuhkan. Karena jika tanaman terus menerus di paksa untuk berbunga justru tidak bagus. Tapi jika ingin tanaman berbunga terus menerus, itu juga bisa dilakukan, namun harus dilakukan dengan hati-hati. Jika ingin tanaman tumbuh dengan cara terus menerus serta subur. Maka yang harus dilakukan yaitu pergiliran. Pergiliran termasuk suatu proses penanaman yang dilakukan dengan langkah selang-seling. Umumnya, proses pergiliran ini memakan waktu yang cukup lama.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa