Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen – Bunga seruni atau juga dikenal sebagai bunga krisan atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur dan merupakan bunga nasinal Jepang.

Bunga seruni merupakan bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum. Karena aromanya yang wangi , bunga seruni sering di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Seruni
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Bangsa: Anthemideae
Genus: Chrysanthemum.

Bunga seruni ini dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tapi jika ditanam di dataran rendah, maka kelopak bunga yang di hasilkan berukuran kecil dan warna bunganya tidak secerah jika di tanam di dataran tinggi.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bunga Seruni

Perbanyakan bunga seruni dapat dilakukan melalui biji maupun melalui stek pucuk, tapi disarankan pilih bibit stek karena cara ini mudah dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Ciri bibit stek bunga seruni yang berkualitas, diantaranya yaitu:

  • Stek tanaman berasal dari tanaman indukan yang sehat dan varietas yang jelas.
  • Stek pucuk tanaman harus dalam keadaan segar dan tidak layu.
  • Tidak ada luka pada setiap bagian stek baik daun maupun batangnya.
  • Daun stek berwarna hijau cerah dan mengkilap.
  • Batang stek masih basah dan memiliki kandungan air yang banyak.
  • Setelah bibit stek yang diperoleh, sebaiknya simpan bibit di tempat yang dingin dengan temperatur suhu ruang.

Cara Menanam Stek Bunga Seruni

Jika bibit sudah siap, tanamkan bibit stek tersebut ke tray semai. Caranya yaitu siapkan tray semai dengan bagian bawah berlubang. Setelah itu, isi tray semai denga media tanam berupa arang sekam hingga penuh dan padat.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam sedalam 0,5 cm dengan jarak antar lubang 5×5 cm. Sebelum di tanam sebaiknya bibit stek di rendam dalam larutan fungisida dengan dosis 5g/l selama 15-20 menit. Setelah itu, kering anginkan sebentar, lalu oleskan hormon auksin pada bagian batang bawah untuk merangsang pembentukan akar. Jika sudah, masukkan bibit stek kedalam lubang tanam lalu tutup dan ratakan kembali lubang tanam.

Setelah selesai, siram tray semai dengan air bersih secukupnya lalu letakkan tray semai pada tempat yang teduh. Setelah 2 minggu, tanaman bunga seruni dapat dipindahkan ke lahan tanam.

Persiapan Lahan Tanam dan Pemindahan Bibit Bunga Seruni

Setelah tanaman berumur 2 minggu maka tanaman bisa dipindahkan ke lahan tanam yang sebenarnya. Tapi sebelumnya, sebaiknya lahan tanam sudah siap minimal 1 bulan sebelum tanaman di pindahkan.

Pengolahan lahan tanam bunga seruni dilakukan dengan mengemburkan tanah dengan cara dicangkul. Setelah itu, buatlah bedengan dengan ukuran panjang sekitar 3-5 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Setelah bedengan siap, lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang harus sebanyak 5-7 kg di bagian permukaan bedangan.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada bedengan dengan jarak antar lubang tanam 25 x 25 cm. Agar posisi lubang tanam lurus, gunakan bantuan tali

Jika lubang tanam sudah siap, selanjutnya tanam bibit bunga seruni dalam lubang tanam. Pilih bibit bunga seruni yang sehat. Tutup lubang tanam dan taburan pupuk kandang halus lagi lalu lakukan penyiraman secukupnya.

Pemeliharaan dan Perawatan Bunga Seruni

Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari tergantung kondisi cuaca dan media tanam. Sebaiknya penyiraman ini dilakukan dengan menggunakan gembor atau selang.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga seruni terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik yaitu campuran pupuk kandang dan tanah pada awal penanaman, selain itu bisa juga dengan menggunakan pupuk kimia seperti pupuk urea, ZA, SP, KCL, KNO3.

Pupuk anorganik di berikan secara bertahap, sedangkan urea dan ZA di berikan pada saat tanaman berumur 3-4 minggu setelah tanam. SP dan KCL diberikan pada saat tanaman memasuki masa akan berbunga.

Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman bunga seruni, bersamaan dengan penyiangan, lakukan pembubunan agar akar yang muncul ke permukaan tanah tertutup kembali.

Masa Panen Bunga Seruni

Pemanenan atau pemetikan bunga seruni dapat dilakukan setelah tanaman berumur 4-5 bulan setelah tanam. Cara pemetikan atau pemanenan bunga seruni yaitu potong tangkai bunga yang belum mekar sempurna atau masih setengah mekar sepanjang 30-40 cm. Setelah pemetikan, masukkan ke ruangan yang sejuk dan dingin agar kesegarannnya tetap terjaga. Pemanenan bunga seruni ini sebainya dilakukan pada sore hari yaitu sekitar pukul 5-6 sore.

Demikian pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post