Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula – Rumput gandum atau wheatgrass merupakan rumput yang mengandung banyak vitamin juga berbagai nutrisi penting untuk menjaga pikiran dan tubuh senantiasa sehat. Tapi sayangnya, harga rumput gandum ini masih sangat mahal.

Biasanya rumput gandum dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Jus rumput gandum ini merupakan salah satu sumber klorofil terbaik saat ini, dimana klorofil memiliki banyak manfaat. Manfaat rumput gandum bagi kesehatan diantaranya yaitu:

  • Penting untuk pertumbuhan sel darah merah
  • Dapat mencegah penuaan dini.
  • Dapat membunuh bakteri yang tidak baik bagi tubuh.
  • Dan lain sebagainya.

Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula

Persiapan Bibit Rumput Gandum

Benih rumput gandum dapat diperoleh dengan membelinya. Sangat disarankan untuk memilih benih rumput gajah organik dari penjual tanaman atau benih organik.

Setelah benih siap, semaikan benih. Selanjutnya, benih rumput gandum dicuci dengan air bersih, lalu tiriskan dan pindah ke dalam mangkok. Tambahkan air dingin ke dalam mangkok berisi benih tersebut, tutup menggunakan plastik selama kurang lebih 10 jam atau semalaman. Ulangi proses perendaman tersebut hingga tiga kali, dan pada rendaman terakhir biasanya akan muncul akar yang menandakan benih sudah siap tanam.

Cara Menanam Rumput Gandum

Jika bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Siapkan nampan untuk tempat tanam kemudian lapisi nampan tersebut dengan kertas, hal ini untuk mencegah akar tanaman tidak menembus nampan. Setelah itu, lapisi dengan kompos setebal 5 cm.

Jika sudah, sebarkan benih secara merata diatas lapisan kompos lalu tekan perlahan tapi jangan sampai terkubur. Setiap bibit diberi jarak agar ruang tumbuhnya leluasa. Setelah itu, semprotkan air pada media tanam lalu tutup dengan kertas koran yang lembab untuk menjaga kelembaban benih rumput gandum yang baru bertunas.

Selama pertumbuhan tunas, kelembaban benih dijaga dengan membasahi media tanam tapi sebelumnya buka kertas korannya. Setelah 4 hari, kertas koran dapat dilepas.

Cara Merawat Rumput Gandum

Rumput gandum akan mulai bertumbuh, lakukan penyiraman secara teratur minimal satu kali sehari. Hindari letakkan tanaman pada area yang terkena sinar matahari langsung, karena sengatan matahari yang terlalu panas bisa merusak rumput. Tempatkan pada area yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Masa Panen Rumput Gandum

Pemanenan rumput gandum dapat dilakukan setelah berumur 9-10 hari atau telah mencapai ketinggian sekitar 15 cm. Ciri lain rumput gandum telah siap panen yaitu rumput mulai membelah dan muncul bilah rumput kedua dari pucuk pertama.

Pemanenan rumput gandum ini dilakukan dengan memotong rumput tepat di atas akarnya, jika sudah dipanen bisa disimpan dalam lemari es agar rumput gandum bisa disimpan lebih lama, tapi tidak lebih dari satu minggu.

Rumput gandum biasanya diolah menjadi sari minuman atau dijus. Pasca panen, bagian rumput gandum yang tersisa masih bisa ditumbuhkan lagi. Berikan penyiraman yang teratur seperti awal dan tunggu tunas baru muncul dan menghasilkan helai daun.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa