Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula – Aglaonema lipstik (Aglaonema sp) atau aglaonema siam aurora merupakan salah satu jenis tanaman hias daun aglaonema yang memiliki ciri khas warna dasar daun hijau pada bagian tengah dan pada tepi daun berkombinasi warna merah seperti dipakaikan lipstik.

Karena warna daunnya yang cantik, banyak pecinta tanaman hias menanam bahkan membudidayakannya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat tanaman aglaonema lipstik:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik

Cara Menanam Aglaonema Lipstik

Tanaman hias aglaonema lipstik dapat ditanam secara generatif melalui biji atau bisa juga secara vegetatif melalui stek cangkok, dan anakan.

Menanam Aglaonema lipstik dari bijinya
Untuk mendapatkan tunas baru dari biji tanaman aglaonema lipstik ini, maka kalian harus memilih biji Aglaonema lipstik yang berasal dari tanaman yang sudah cukup tua. Jika biji sudah di dapatkan, rendam biji tersebut sekitar 2-3 jam untuk mempercepat proses perkecambahannya.

Menanam aglaonema lipstik dengan stek
Caranya, ambil pucuk indukan aglaonema yang sudah cukup tua dan kokoh. Sisakan setidaknya 5 lembar daun agar indukan tetap bertahan hidup.

Selanjutnya, tanam pucuk indukan tersebut pada media tanam yang sudah disediakan, letakkan pada tempat yang teduh. Kelemahan teknik tanam ini yaitu indukan yang dipotong pucuknya akan tumbuh bercabang.

Menanam aglaonema lipstik dengan cangkok
Pilih indukan yang kokoh dan batangnya telah berwarna cokelat. Daun pada batang ini bisanya telah rontok sendiri atau rontok saat menerima sedikit sentuhan. Kemudian, kupas batang pohon hingga terlihat bagian putihnya.

Setelah itu, lapisi batang yang terkelupas tadi dengan sekam, pasir malang, humus, serta pakis dengan komposisi 1 : 5 : 2 : 2. Tutup plastik yang sudah diberi lubang sirkulasi udara. Semprot plastik ini 2 kali sehari hingga 3-4 minggu atau tanaman aglaonema baru telah siap.

Menanam aglaonema lipstik melalui anakan
Anakan yang sudah bisa diambil untuk ditanam kembali yaitu anakan yang sudah memiliki daun mekar atau tidak lagi tergulung. Potong bagian akar sambungnya dan tancapkan anakan tersebut pada media tanam yang baru.

Cara Merawat Aglaonema Lipstik

Sediakan media tanam yang tepat
Media tanam yang tepat untuk menanam aglaonema lipstik adalah media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6-7. Sebagai campurannya, bisa gunakan kompos daun yang dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik dan pasir (3:1). Karena umumnya aglaonema lipstik ditanam di pot, maka pertama susun batu bata atau pecahan genting di dasar pot. Lalu isi dengan media tanam yang sudah disiapkan tadi.

Intensitas penyiraman
Tanaman aglaonema lipstik tidak menyukai media tanam yang telalu basah atau juga terlalu kering. Untuk itu, lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan media tanam. Usahakan air yang air yang digunakan bersih dan bebas dari kaporit.

Pemupukan aglaonema
Pemupukan yang ideal diberikan dalam kurun waktu tiga bulan sekali dengan memakai pupuk khusus tanaman hias jenis daun-daunan. Bisa juga memberikan pupuk alami berupa air cucian beras. Kocorkan pupuk tersebut pada media tanamnya dan bukan pada daun atau batang tanaman.

Penempatan aglaonema
Tanaman aglaonema kurang menyukai sinar matahari yang teralu banyak. Untuk itu, letakkan pot pada tempat yang teduh atau terlindung dari sinar matahari. Tanaman ini bisa diletakkan di teras rumah, atau di dalam ruangan yang dekat dengan akses cahaya serta bersirkulasi udara lancar.

Merawat daun aglaonema
Lakukan perawatan pada daun-daun aglaonema agar tampil mengkilat, cantik, dan sempurna. Untuk itu, siapkan alat dan bahan seperti spons halus, susu bubuk, ampas kelapa, dan air. Caranya yaitu:

  • Melapisi daun Aglaonema dengan air: Basahi spons dengan air bersih, jika ada air sumur maka pakai air sumur tersebut. Lap suluruh bagian daun dengan menggunakan spons basah tersebut, maka daun aglaonema akan terlihat bersih dan mengkilat.
  • Melapisi daun Aglaonema dengan susu: Celupkan spons pada larutan susu yang dicampur dengan air tersebut, lapisi daun dengan larutan tersebut maka kalian akan mendapati daun-daun aglaonema tumbuh subur. Tambahkan pula fungisida pada tanaman saat melapisi daun Aglaonema dengan susu. Sisa-sisa susu tersebut biasanya akan mengundang bakteri.
  • Melapisi daun dengan ampas kelapa: Olesi daun aglaonema dengan ampas kelapa juga akan membuat daun-daunnya mengkilat dan subur.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post