Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kiojay di Lahan Perkebunan Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kiojay di Lahan Perkebunan Agar Cepat Berbuah – Mangga atau mempelam (Mangifera indica) adalah nama buah sekaligus pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota.

Klasifikasi Mangga
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Terdapat banyak jenis mangga, salah satunya adalah mangga kiojay. Mangga kiojay merupakan varietas mangga unggul yang berasal dari Thailand. Meskipun varietas ini tergolong baru, tapi hasil buahnya sangat istimewa ukurannya yang jumbo rata-rata ukurannya 2 kg/kilo. Selain berukuran jumbo, rasa buah mangga kiojay ini manis dan memiliki daging tebal. Di pasaran harga mangga kiojay sangat tinggi, rata-rata dapat mencapai 25.000-30.000 per kilo buah, sehingga harganya bisa mencapai 35.000-40.000.

Cara Menanam Budidaya Mangga Kiojay di Lahan Perkebunan

Persiapan Bibit Mangga Kiojay

Pembibitan mangga kiojay dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan generatif. Apabila menanam dengan bibit hasil vegetatif bisa menghasilkan buah yang lebih cepat dibanding dari biji. Akan tetapi, jika ingin praktis langsung bisa ditanam bibit bisa didapatkan dari toko atau kios bibit setempat. Pilih bibit yang benar-benar baik dan bagus, pastikan tanaman dipastikan sehat dan bebas hama dan penyakit, berdaun hijau segar sehat tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus dan percabangan yang rindang.

Persiapan Lahan Tanam Mangga Kiojay

Mangga kiojay ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia, optimalnya mangga ini dibudidayakan di dataran rendah dengan cuaca panas. Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, setelah itu gemburkan tanah dengan cara dicangkuli dan pastikan lahan tanam tersinari matahari secara langsung tidak ternaungi pohon besar atau benda lain disekitarnya.

Jika sudah, selanjutnya bualah lubang tanam berukuran 50x50x50 cm. Tanah bekas galian lubang tanam nantinya akan digunakan untuk media penutupan penanaman, jadi tanah tersebut dicampur terlebih dahulu dengan kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi+sekam agar media kaya akan nutrisi. Agar bakteri dan racun dalam tanah hilang maka biarkan lubang tanam tersinari matahari secara penuh selama 2-3 hari.

Penanaman Bibit Mangga Kiojay

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Ambil bibit mangga kiojay dan letakkan pangkal bibit pada lubang tanam, jika bibit masih pada media polybag tinggal sobek plastik polybagnya terlebih dahulu, lalu letakan pangkal tanam bersama balutan akar pada lubang tanam. Bibit harus posisi tegak lurus jangan sampai miring.

Setelah posisi bibit tegak lurus segera tutup lubang tanam dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya yaitu campuran tanah, kompos dan sekam. Lalu, sedikit padatkan agar bibit mangga kiojay yang baru ditanam tidak mudah roboh. Setelah penanaman selesai, lakukan penyiraman secukupnya. Penyiraman bisa menggunakan embrat untuk hasil yang merata.

Cara Merawat Mangga Kiojay

Tanaman baru ditanam, lakukan pemasangan ajir untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh. Ajir tersebut bisa dibuat dari bambu dengan panjang 1,5 meter.

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari di pagi dan sore hari namun tergantung kelembaban tanah pada lahan. Lakukan penyiangan gulma di sekitaran area tanaman dan juga lakukan pemangkasan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga kiojay terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan pupuk kombinasi kimia yaitu NPK buah, kompos/pupuk kandang dan pupuk organik cair atau pupuk organik yaitu pupuk organik cair dan pupuk kompos. Guna memacu pertumbuhan buah mangga kiojay, maka lakukan pemberian hormon perangsang buah.

Demikian artikel pembahasan tentang¬†“Panduan Lengkap Cara Menanam Mangga Kiojay di Lahan Perkebunan Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa