Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy di Botol Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy di Botol Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, benthol atau sawi
manis.

Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yaitu hanya sekitar 30-45 hari setelah tanam.

Cara Menanam Pakcoy di Botol Bagi Pemula

Persiapan Botol Untuk Tempat Tanam

Gunakan plastik yang bebas dari BPA dan bahan kimia berbahaya lainnya sebagai wadah tanam pakcoy. Gunakan pisau tajam untuk memotong dasar botol sekitar 3 cm di atas bagian bawah, lalu cuci hingga bersih. Tutup bagian tepi botol dengan selotip, lalu tumbuk 4 lubang di sekitarnya secara berkala untuk benang. Potong benang yang sama panjang lalu ikat melalui lubang-lubang tersebut. Saat mengikat ujungnya, botol harus menggantung lurus ke bawah dan tidak membelok pada satu sudut atau lainnya.

Potong aluminium foil pendek, gulung ke dalam tabung dan gariskan botol dengan itu. Ini akan menambahkan lapisan isolasi yang melayani tujuan ganda yaitu untuk menjaga sinar matahari dari mengeringkan tanah, dan akan menarik panas dari sinar matahari yang bahagia untuk menjaga akar tanaman menjadi hangat.

Persiapan Bibit Pakcoy

Pembibitan pakcoy bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan biji dan pertumbuhan ulang.

Jika menumbuhkan pakcoy menggunakan biji maka pilih biji unggulan. Kemudian rendam terlebih dahulu biji pakcoy lalu masukan ke dalam botol penanaman. Tapi bisa menggunakan cara penumbuhan bibit dengan tisu basah. Apabila menggunakan tisu basah maka harus memindahkan bibit nantinya setelah tumbuh mencapai 3-5 cm dengan hati-hati tanpa merusak akar.

Jika menggunakan sistem tanaman ulang maka hanya perlu memotong bagian sebelum ujung akar tanaman sebelumnya dan merendamnya dalam air bersih. Tunggu hingga muncul tunas baru lalu tanam ke media wadah botol plastik yang sudah disiapkan tadi.

Masa Panen Pokcoy

Asalkan tingkat kelembaban tanah tetap moderat (tidak basah), tanaman pakcoy akan menumbuhkan daun baru dan tumbuh subur.

Biasanya, pakcoy akan siap panen dalam waktu 40-50 hari atau setelah tanaman mencapai tinggi 4-5 inci, pakcoy dapat dipanen dan digunakan dalam sup.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Pakcoy di Botol Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post