Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula – Indigofera atau di Jawa Barat disebut dengan Tarum merupakan tanaman yang dulu dimanfaatkan sebagai pewarna alami pakaian. Namun kini, tanaman indogifera ini dijadukan sebagai sumber pakan ternak yang baik karena memiliki kandungan fosfor, kalsium dan nitrogen yang tinggi.

Cara Menanam Tanaman Indigofera Bagi Pemula

Persiapan Lahan Tanam Indigofera

Pilih lahan tanam yang terpapar sinar matahari secara optimal (lebih dari 5 jam per hari); memiliki tanah yang gembur; mengandung cukup unsur hara dan dekat dengan sumber air.

Setelah lahan dipilih, selanjutnya gemburkan tanah. Kemudian buat bedengan dan bentuk lubang alur untuk menempatkan pupuk dasar nantinya.

Setelah lahan siap, lakukan pemupukan dasar. Caranya yaitu:

  • Siapkan pupuk kandang.
  • Larutkan 1/4-1/2 kg gula pada seember air, lalu siram 500 ml EM4 pada larutan gula tersebut lalu tutup dan diamkan minimal 24 jam
  • Selanjutnya, siramkan larutan EM4 tadi secara merata pada pupuk kandang lalu tutup dengan terpal dan diamkan minimal 1 minggu (semakin lama semakin baik).
  • Jika sudah, masukkan pupuk tersebut dalam lubang alur bedengan bersama pupuk NPK 15-15-15 lalu tutup kembali alur tersebut sembari dibentuk bedengan dengan lebar 1 meter dn tinggi sekitar 15 cm.

Persiapan Bibit Tanaman Indigofera

Persiapan bibit tanaman indigifera ini dapat diperoleh secara generatif biji maupun vegetatif cangkok. Berikut ini cara pembibitan tanaman indigofera secara generatif biji:

Cari tanaman indigofera yang sudah besar dan berbuah. Pastikan pilih bibit unggul yaitu yang berdaun lebat, kemudian ambil buahnya yang sudah matang kering (kehitaman).

Selanjutnya, jemur buah tersebut hingga kulitnya kering dan pecah sehingga isinya keluar.
Kemudian, siapkan plastik polybag ukuran medium untuk menyemaikan benih indiofera. Isi polybag tersebut dengan tanah humus yang gembur.

Kemudian, tanam biji indigofera sedalam kurang lebih 2 cm dan iarkan bijinya tumbuh.

Setelah tumbuh, maka lakukan penyiraman secara rutin untuk mempercepat pertumbuhannya. Jika bibit indigofera sudah berusia 1,5 bulan maka bibit indigofera sudah siap ditanam di lahan tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Penanaman Tanaman Indigofera

Pertama, buatlah lubang pada bedengan dengan kedalaman sekitar 15 – 20 cm dan jarak sekitar 30 – 50 cm.

Kemudian, tanam bibit indigifera pada lubang tanam tersebut tapi siram bibit terlebih dahulu dan sebelum ditanam pastikan buka plastiknya dahulu. Selanjutnya, timbun kembali. Sebaiknya waktu penanaman ini dilakukan pada sore hari untuk mencegah tanaman layu.

Perawatan Tanaman Indigofera

Lakukan penyiraman secara rutin setiap 10 hari sekalai atau dua minggu sekali. Gunakanlah bantuan pompa air agar memudahkan mengalirkan air ke bedengan. Selain itu, lakukan pula penyiangan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman indigofera sekitar sebulan sekali menggunakan sabit dan cangkul. Bisa juga lakukan pemupukan susulan dengan menggunakan campuran pupuk kandang dengan pupuk buatan agar tanaman bertumbuh pesat dan berdaun lebat.

Pemanenan Daun Indigofera

Cara memanen daun tanaman indigofera ini yaitu dengan memangkas daun dan sisakan batag utama dengan ketinggian sekitar 80 cm agar memudahkan proses panen selanjutnya. Setelah pemanenan pertama, tanaman dapat dipanen daunnya setiap 2-3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post