Cara Mencangkok Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil

Posted on

Cara Mencangkok Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil – Apel India atau putsa atau yang bernama latin Ziziphus Mauritiana Lam adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari India yang memiliki buah seperti tomat belum masak tapi rasanya manis, renyah seperti apel, berukuran kecil yaitu sekitar 5 cm.

Apel india sendiri termasuk kedalam kelompok rhamnaceae. Biasanya, pohon putsa atau buah apel india bisa mencapai ketinggian 12 meter.

Diameter buah apel india atau putsa ini mencapai 3-5 cm. Meski kulitnya bewarna kehijau-hijauan, tapi rasa daging buah yang dihasilkan tetap manis.

Tanaman apel India ini dapat tumbuh diberbagai kondisi. Di Indonesia, tanaman putsa atau apel India sulit didapatkan, jika ada harganya sangat tinggi bisa mecapai 100 ribuan per bibit.

Cara Mencangkok Apel India atau Putsa Bagi Pemula

Persiapan Pohon Indukan Cangkok Apel India

Pilih pohon indukan yang produktif dan terbukti dapat menghasilkan buah dengan kualitas buah yang dihasilkan baik dan berukuran besar; sehat dan tidak sedang terkena hama atau penyakit; telah berumur lebih dari 3 tahun dan memiliki hasil panen yang produktif.

Dalam satu pohon bisa mencangkok lebih dari satu tempat, artinya bisa dilakukan pencangkokan lebih dari satu cabang. Sebaiknya sebelum di cangkok tanaman harus di pupuk dahulu untuk menjaga kandungan unsur hara dalam tanaman tetap melimpah.

Persiapan Alat Dan Bahan Mencangkok Apel India

Alat dan bahan yang perlu disiapkan sebelum mencangkok apel india atau putsa yaitu:

  • Pisau yang tajam atau cutter, plastik transparan, tali plastik rapiah.
  • ZPT untuk merangsang pertumbuhan akar cangkokan.
  • Media tanam berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Campuran tersebut diayak terlebih dahulu lalu digunakan yang halus saja. Campurkan kedua media secara merata lalu basahi permukaannya menggunakan air secukupnya, jika media tanam mulai bisa dikepal dan tidak pecah maka media tanam tersebut bisa langsung digunakan untuk mencangkok tanaman apel India.

Proses Pencangkokan Apel India

Pilih bagian cabang tanaman yang akan dicangkok. Pilihlah cabang yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua dengan posisi cabang agak jauh dari permukaan tanah dan pilih cabang berwarna hijau segar. Kemudian, kerat bagian cabang yang dipilih dengan ukuran 3-5 cm menggunakan pisau tajam atau lainnya. Kerat hingga kulit luarcabang terkelupas dan tersisa bagian kayunya saja lalu biarkan hingga getahnya menyering terlebih dahulu.

Setelah getah mengering kemudian taburkan atau oleskan ZPT akar ke bagian yang dikerat. Kemudian ikat plastik transparan yang sudah dibolongi satu sisi terlebih dahulu, kemudian letakkan media di sekitar keratan lalu hingga keratan tertutupi media lalu ikat kembali plastik cangkok di sisi satuya. Selain itu ikat juga bagian tengah cangkokannya. Pastikan ikatan tersebut kencang dan jangan sampai ada bagian yang terbuka.

Perawatan dan Pemeliharaan Cangkok Apel India

Lakukan penyiraman pada media cangkok secara rutin minimal 2 kali sehari secukupnya saja, selain pada media cangkokan, lakukan pula pemeliharaan dan perawatan pada tanaman indukan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh cangkokan terpenuhi maka lakukan pemupukan. Nutrisi yang tercukupi akan semakin mempertinggi tingkat keberhasilan cangkokan. Pemupukan ini bermanfaat agar luka pada bagian cangkokan cepat menumbuhkan akar. Untuk menghindari serangan hama dan penyakit, maka bisa dilakukan penyemprotan cairan pestisida.

Setelah cangkokan berhasil maka hasil cangkok apel india bisa di pindah tanamkan ke polybag atau pot tanam. Cara pemindahannya cukup mudah yaitu potong pada bagian antara cangkokam dan tanaman induk. Setelah itu, buka pembungkus cangkokan lalu tanamkan bibit cangkokan ke dalam polybag tanam. Setelah beberapa bulan perawatan dalam pot/polybaag maka bibit tanaman apel india bisa dipindahkan ke lahan tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Mencangkok Apel India atau Putsa Bagi Pemula Agar Berhasil“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa