Cara Mencangkok Tanaman Buah dengan Media Air Mudah 100% Berhasil

Posted on

Cara Mencangkok dengan Media Air  – Mencangkok adalah salah satu metode perbanyakan tanaman secara vegetatif yang mudah dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Metode ini banyak dipilih karena teknik mencangkok mampu menghasilkan bibit yang unggul yang memiliki sifat yang identik dengan tanaman induknya. Karena itulah, mencangkok menjadi salah satu alternatif petani untuk mendapatkan bibit unggul. Jika dahulu mencangkok memerlukan media tanam sebagaimana menanam pada tanah. Saat ini mencangkok bisa dilakukan dengan menggunakan media yang lebih sederhanya, yaitu hanya menggunakan media air. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami uraikan penjelasan tentang Cara Mencangkok Tanaman Buah dengan Media Air.

Pada dasarnya mencangkok adalah cara untuk menumbuhkan tanaman baru dari bagian atau jaringan tanaman yang hidup. Mencangkok tanaman buah dengan media air memiliki prinsip dan cara yang sama dengan sistem mencangkok dengan media tanah, perbedaanya hanya ada pada media yang digunakan berupa air juga metode penerapannya berbeda. Jika pada pencangkokan media tanah menggunakan plastik untuk membungkus media tanah, pada teknik pencangkokan air menggunakan gelas atau wadah transaparan yang diikatkan pada batang cangkok sebagai wadah cangkok media air.

Baca Juga : Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau

Mencangkok dengan media air akan membuat jaringan tanaman yang diletakkan didalam air ternyata mampu menumbuhkan organ baru. Sehingga diharapkan dengan teknik cangkok media air dapat menumbuhkan organ baru yaitu akar tanaman. Akar tanaman tersebut merupakan cikal bakal jaringan untuk menumbuhkan tanaman yang baru. Dari akar tersebutlah yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman lengkap yang memiliki daun dan batang.

Untuk media air yang digunakan pada teknik cangkok ini adalah air biasa dalam kondisi bersih. Namun anda bisa menambahkan hormon atau zat perangsang tumbuh akar yang berfungsi untuk mempercepat proses pertumbuhan akar. Meskipun tanpa penggunaan ZPT jaringan akar akan tetap tumbuh namun dalam waktu yang cukup lama. Maka agar pertumbuhan akar lebih cepat, anda bisa menambahkan ZPT pada media air yang akan digunakan.

Baca Juga : Cara Mencangkok Tanaman Jambu Air

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini cara mencangkok tanaman buah dengan media air paling lengkap.

Cara Mencangkok Tanaman Buah dengan Media Air

Tahap Persiapan

Siapkan Pohon Indukan

  • Siapkan tanaman buah yang mudah ditemukan, contoh tanaman jambu, mangga dan lainnya.
  • Siapkan tanaman unggul yang telah produktif.
  • Usia tanaman minimal mencapai 5 tahunan.
  • Pilih tanaman yang sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.
  • Lakukan pemangkasan tanaman untuk mengurangi penguapan pada tanaman.
  • Lakukan pemupukan pada tanaman sehingga pertumbuhan tanaman menjadi optimaldan siap untuk diperbanya.

Siapkan Cabang Tanaman Ideal

  • Pilih cabang atau batang tanaman yang ideal.
  • Pilih cabang yang sehat.
  • Pilih cabang yang tidak terlalu tua atau terlalu muda.
  • Ukuran diameter batang minimal 2cm atau sebesar jempol orang dewasa.
  • Pilih cabang yang agak jauh dari bagian bawah tanah.
  • Pilih beberapa cabang untuk dicangkok, sehingga tingkat keberhasilan pencangkokan semakin tinggi.

Siapkan alat dan bahan

  • Siapkan cutter atau pisau tajam bersih untuk menyayat pohon.
  • Siapkan wadah gelas plastik atau bekas botol air minum sebagai tempat media air.
  • Siapkan tali pengikat atau tali rafiah
  • Siapkan Air bersih
  • Siapkan ZPT secukupnya (Opsional).

Baca Juga : Cara Stek Pohon Apel India atau Putsa

Tahap Pencangkokan

Langkah pertama, sayat bagian kulit tanaman dengan panjang sayatan sekitar 5-10 cm dari bawah ke atas.

Selanjutnya buat lubang kecil pada gelas atau botol plastik untuk mempermudah saat mengikat ke batang.

Setelah itu, sisipkan gelas plastik atau botol plastik pada sayatan yang sebelumnya telah dibuat, lalu ikat gelas plastik atau botol plastik dengan tali pengikat pada lubang ke batang tanaman.

Selanjutnya bila diperlukan oleskan ZPT pada ujung sayatan untuk mempercepat pertumbuhan akar tanaman.

Setelah itu tuangkan air bersih pada wadah gelas plastik atau botol plastik dengan batas sayatan yang tercelup air sekitar 1cm.

Keberhasilan pencangkokan ditunjukkan dengan tumbuhnya bintil-bintil akar pada bagian sayatan. Biasanya setelah cangkokan berumur 1 bulan dari pencangkokan akar sudah mulai tumbuh.

Setelah bagian bintil-bintil akar menumbuhkan akar maka tanaman siap dipindahkan ke media tanam padat atau media tanah. Biasanya lamanya pencangkokan sekitar 1,5-2 bulan sama dengan metode pencangkokan pada umumnya.

Baca Juga : Cara Mencangkok Apel India atau Putsa

Demikian artikel pembahasan tentang Cara Mencangkok Tanaman Buah dengan Media Air , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.