Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai – Lalat buah (Drosophila melanogaster) menjadi salah satu hama tanaman yang sering menyerang berbagai jenis tanaman buah-buahan salah satunya pada tanaman cabai. Hama lalat buah bisa menyebabkan buah cabai menjadi busuk dan memiliki kualitas buah yang buruk, dan meyebabkan buah berguguran. Jika cabai sudah terserang hama lalat buah, maka bisa menyebabkan kerugian. Untuk itu, penting bagai petani cabai untuk mencari Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai.

Selain karena harga cabai yang anjlok dan faktor cuaca, penyebab gagalnya budidaya cabai juga dikarenakan serangan hama dan penyakit. Salah satu hama yang cukup serius pada tanaman yaitu penyakit busuk buah dan kerontokan buah sebelum matang. Masalah penyakit busuk buah dan kerontokan buah merupakan salah satu masalah utama tanaman cabai. Busuk buah dan kerontokan buah cabai bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah serangan hama lalat buah.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabe Merah Keriting

Gejala Hama Lalat Buah pada Cabai

Memang tidak semua lalat buah merusak buah cabai, hanya lalat buah betina yang bisa menyebabkan buah cabai busuk dan rontok sebelum matang. Lalat buah betikan akan menyerang buah cabai dengan menusukkan ovipositornya kedalam buah cabai yang masih hijau (muda) untuk menyimpan telur-telurnya. Telur yang tersimpan pada cabai akan menetas dan menjadi larva hingga menyebabkan buah cabai busuk dan rontok sebelum matang. Berikut gejala buah cabai yang terserang lalat buah, antara lain:

  • Biasanya serangga lalat buah akan terlihat dibagian tangkau buah, ujung buah dan tengah buah cabai yang masih muda.
  • Pada tangkai buah cabai akan menguning dan buah gugur jika serangga lalat buah menyerang pangkal buah.
  • Jika serangga berada di ujung buah dan bagian tengah buah dapat menyebabkan buah cabai menguning dan busuk serta sedikit basah.
  • Perhatikan pada buah cabai yang terserang hama lalat buah akan terdapat titik hitam bekas tusukan ovipositor lalat buah betina.
  • Jika buah dibelah, akan ada larva lalat berukuran kecil seperti ulat berwarna putih

Jika terdapat beberapa gejala seperti diatas, maka bisa dipastikan jika tanaman cabai terserang hama lalat buah. Untuk itu, simak cara mengatasi hama lalat buah pada tanaman cabai dibawah ini.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Cabe 

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai

  • Lakukan sanitasi lahan dengan mengumpulkan dan membuang semua buah yang busuk akibat larva lalat buat, bisa dibakar atau dikubur ditanah.
  • Tanam cabai pada lahan yang streil untuk mencegah serangan lalat buah, karena lahan bekas tanaman inang seperti timun, gambas, atau pare memiliki kemungkinan besar regenerasi lalat buah.
  • Gunakan bibit cabai yang tahan terhadap beberapa hama, terutama hama lalat buah.
  • Gunakan lahan tanam bebas dari hama dan tidak terkontaminasi oleh beberapa hama penyakit.
  • Gunakan perangkap Atraktan Metil Euganol lalat buah. Perangkap lalat buah yang diberi pemikat berupa mtyl euganil. mtyl euganil terbukti mampu memutus siklus hidup lalat buah. Produk mtyl euganil yang beredar dipasaran seperti Petrogenol, Ocimol atau Melanol.
  • Gunakan lem perangkap seperti Metilat Lem, Sainindo 10 VP untuk membasmi lalat buah pada cabai
  • Musnahkan lalat buah pada cabai dengan cara manual yaitu dengan memetik buah yang terserang lalat buat dan langsung memusnahkannya dengan cara dikubur atau dibakar.
  • Sedangkan cara kimiawi mengatasi lalat buah pada cabai bisa menggunakan beberapa larutan insektisida berbahan aktif profenos seperti Curacron, Biocron, Detacron, Buzzer. Serta insektisida berbahan aktif metomil, misalnya Metindo, Lannate, Yanet, Metin, Dangke dll.

Baca Juga : Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag

Itulah beberapa tips Cara Mengatasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.