Cara Mengatasi Heat Stress pada Ayam dan Pencegahannya, Lengkap dengan Penyebab

2 min read

Dalam usaha ternak ayam, tidak hanya dibutuhkan pemberian pakan dan minum saja, peternak juga perlu mengetahui situasi dan kondisi hewan ternak agar kondisi kesehatan hewan tetap terpantau dengan baik. Salah satu masalah yang sering menyerang ayam yaitu heat stress dan jika tidak segera dilakukan pengendalian dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak.

Heat stress pada ayam merupakan gangguan stress yang terjadi akibat kondisi suhu lingkungan yang melebihi suhu normal 28C, sehingga menyebabkan ayam tidak dapat seimbang antara produksi dan pembuangan panas dalam tubuhnya. Penting untuk diketahui, bahwa suhu normal yang aman untuk ayam yaitu sekitar suhu 25-28°C dengan kelembapan 60-70%.

Ayam yang terserang heat stress ditandai dengan peningkatan konsumsi air minum yang berlebih dan penurunan komsumsi pakan secara drastis sehingga menyebabkan penurunan bobot ayam, khususnya pada jenis ayam pedaging.

Dampak stress pada ayam menjadi tantang terbesar bagi para peternak khususnya bagi industri peternakan ayam. Dampak ekonomi menjadi dampak yang sangat nyata akibat stress pada ayam. Untuk itu kita perlu melakukan pengendalian dan pencegahan agar ayam tidak mengalami heat stress. Simak penjelasan dibawah ini tentang penyebab, cara mencegah dan cara mengatasi heat stress pada ayam.

Baca Juga : Tips Dan Cara Sukses Beternak Ayam Pedaging Atau Broiler 

Ciri-Ciri Ayam Heat Stress

  • Ayam terlihat gelisah
  • Ayam lebih banyak minum air
  • Sayap ayam sering dibentangkan
  • Nafsu makan ayam menurun drastis
  • Kecepatan pernapasan ayam semaik cepat

Segera lakukan penanganan jika ayam peliharaan anda mengalami ciri-ciri diatas, karena jika tidak segera ditangani menyebabkan pertumbuhan ayam menjadi terlambat bahkan mengalami kematian.

Sebelum mengetahui cara mengatasi heat stress ayam, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor penyebab stress pada ayam.

Faktor Penyebab Ayam Stress

  • Perubahan cuaca
  • Ayam kelelahan atau sakit
  • Lingkungan kandang terlalu bising
  • Kadang terlalu bebas sehingga banyak orang yang keluar masuk kandang
  • Perawatan yang salah
  • Pemberian pakan yang salah ukuran
  • Jumlah ayam tidak sesuai dengan luas kandang

Dengan mengetahui penyebab ayam mengalami stress, kita akan lebih mudah memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat DOC Ayam Petelur

Cara Mencegah Heat Stress Pada Ayam

Sediakan Lingkungan yang Nyaman
Agar ayam tidak mengalami stress, maka peternak harus menyediakan tempat yang nyaman, sejuk, dan bersih. Menurut Ahmad dan Sarwar, 2006, diketahui nutrisi dan keadaan lingkungan memiliki pengaruh terhadap keseimbangan asam dan basa. Karena itu, keseimbangan asam basa tetap harus dipertahankan untuk memperbaiki performa ayam dibawah temperatur tinggi serta mencegah dampak berbahaya dari respiratori alkalosis dari cekaman panas.

Pemberian Vitamin
Vitamin merupakan nutrisi yang dibutuhkan ayam untuk pertumbuhannya. Salah satu vitamin yang diberikan adalah vitamin C. Vitamin C memiliki peran untuk meningkatkan metabolisme glukoneogenesis yaitu proses penyediaan energi selama ayam mengalami stress. Selain itu pemberian vitamin E juga berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh dari jaringan oksidatif.

Pemberian Betain pada pakan
Menurut Zulfikri et al. (2004), mengatakan bahwa penambahan betain pada pakan ternak dapat membantu mempertahankan osmolaritas sel dan dapat memperbaiki performa ayam selama terpapar panas yang menyebabkan stress.

Sedangkan berdasarkan kajian dari Nutreco R&D (2006), penambahan betain pada pakan terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan ternak hingga 2.9%, penurunan FCR hingga 4.4%, peningkatan produksi karkas hingga 6.8%, dan memperbaiki kemampuan bertahan hidup hingga 49.8% pada ayam dibawah kondisi cekaman panas.

Penambahan Ekstrak mengkudu pada pakan
Menurut Syahruddin et. al., (2012), penambahan Ekstrak mengkudu pada pakan ransum ayam berfungsi untuk mengurangi cekaman panas yang menyebabkan stress pada ayam. Berikan penamabahan Ekstrak mengkudu sebanyak 500 ppm pada suhu 26ºC dan 1.000 ppm pada suhu 32ºC.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Ayam Padaging Sendiri 

Cara Mengatasi Heat Stress pada Ayam

Pindahkan Ayam ke Tempat Sejuk
Salah satu penyebab ayam mengalami heat stress yaitu suhu yang terlalu panas, karena itu langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memindaha atau menempatkan ayam ke tempat yang lebih sejuk. Cara ini berguna untuk membuat ayam menjadi lebih nyaman dan lebih tenang. Selain lokasi yang sejuk, pastikan lingkungan selalu bersih dan bebas dari panas dan kotoran.

Hindari Kebisingan
Lingkungan kandang yang terlalu bising juga menjadi penyebab ayam stress. Karena itulah peternak perlu memperhatikan lokasi kandang tetap nyaman, kondusif dan tidak bising baik dari keramaian atau karena suara motor atau mesin diesel.

Beri Pakan Tambahan
Untuk mengatasi ayam stress bisa dilakukan dengan pemberian pakan tambahan, karena pemberian pakan yang monoton dapat membuat ayam merasa bosan. Selain karena bosan, pemberian pakan tambahan juga bisa membuat ayam menjadi lebih nafsu makan.

Vaksinasi
Tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan, pemberian vaksin pada ayam juga bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, memberikan ketenangan dan menyembuhkan stress pada ayam.

Probiotik
Probiotik adalah nutrisi alami yang memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk mengatasi ayam stress. Untuk mengatasi stress ayam selanjutnya dapat dilakukan dengan pemberian probiotik setidaknya tiga kali seminggu.

Demikian artikel pembahasan tentang Cara Mengatasi Heat Stress pada Ayam dan Pencegahannya  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa