Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Agar Sukses dan Tidak Mati

Posted on

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam BroilerDOC (Day Old Chicken) adalah hitungan hari pertama penetasan hingga seminggu setelah anak ayam menetas yang dianggap sebagai fase pertama pemeliharaan DOC ayam. Fase ini menentukan kelanjutan hidup DOC menjadi ayam broiler layak potong. Fase ini juga dianggap sebagai fase kritis karena jika fase ini gagal, maka DOC ayam broiler tidak bisa mencapai bobot standar atau malah terjadi kematian akibat serangan virus. Karena itulah, untuk memperkecil kegagalan tersebut, berikut ini kami berikan Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Agar Sukses dan Tidak Mati.

Bagi anda yang ingin menggeluti usaha ternak ayam broiler, disarankan untuk memilih bibit atau DOC Ayam Broiler yang berkualitas agar menghasilkan daging yang berkualitas. Pemilihan DOC Ayam Broiler yang berkualitas akan memiliki kemampuan survive yang tinggi, mentalnya pun lebih sehat dibandingkan dengan yang kualitasnya tidak bagus. Selain pemilihan bibit DOC Ayam Broiler yang tepat, harus juga diimbangi dengan perawatan yang benar. Karena, pemilihan DOC Ayam Broiler berkualitas akan sia-sia jika pemeliharaannya tidak berkualitas.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Buras

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler

Merawat DOC (Day Old Chicken) merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Untuk mendapatkan kualitas ayam broiler yang baik, maka diperlukan perawatan yang tepat. Berikut ini beberapa tips cara merawat DOC Ayam Broiler yang tepat agar sukses.

1. Larutan Gula Merah

Berikan larutan gula merah yang berfungsi untuk membuat DOC lebih berenergi dan tidak lemas setelah perjalanan jauh. Caranya dengan, larutkan 1 sendok gula merah + 200 ml air. Lalu ketika DOC dikeluarkan dari Box, celupkan DOC kedalam larutan gula merah selanjutnya letakkan dalam area Brooding.

2. Kandang

Berbeda dengan ayam dewasa, DoC memiliku tubuh yang masih rentan dan mudah kedinginan, karena itu sediakan kandang DOC tertutup agar angin tidak masuk terlalu besar. Kandang bisa dilapisi dengan plastik untuk membuat ayam tetap hangat. Pada bagian atas bisa gunakan strimin kawat untuk membuat ventilasi udara.

Selain tertutup, kandang juga harus selalu bersih. Kadang yang bersih yaitu kandang yang kering, tidak lembab, dan tidak ada tumpukan feses ayam. Karena itulah, bersihkan secara berkala feses ayam karena dapat menyebabkan amonia di dalam kandang menjadi tinggi sehingga membuat DOC tidak nafsu makan karena terlalu banyak menghirup amonia.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Cemani

3. Penyediaan Lampu

Penggunaan lampu pada kandang DOC berfungsi untuk membantu penglihatan ayam DOC di malam hari agar terhindar dari serangan hewan seperti tikus dan untuk menghangatkan DOC. Gunakan lampu dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jika DOC berkumpul pada satu tempat, maka pertanda kurang penyediaan lampu.

4. Brooder

Brooder digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh DOC tetap hangat dan tidak merasa kedinginan. Brooder sangat berfungsi pada saat musim hujan atau udara ekstrem. Aturlah suhu brooder dengan tepat jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Tanda pengaturan suhu yang tepat pada brooder terlihat jika DOC menyebar merata pada brooding, maka suhu yang digunakan sudah tepat, sedang jika DOC bergerombol disatu titik, maka suhu terlalu rendah, pada DOC akan menjauhi Brooder jika suhu terlalu tinggi. Selanjutnya lakukan pelebaran brooding sesuai dengan pertumbuhan ayam.

5. Litter

Litter bisa berasal dari serbuk gerjaji atau sekam padi yang digunakan untuk memeliharan DOC hingga umur ke 14 hari. Ketebalan litter yang digunakan sebaiknya minimal 10cm, dibolak-balik 2x seminggu dan diganti seminggu sekali. Sebaiknya pasang litter secara menyeluruh di area kandang sebelum DOC datang. Sedangkan khusus pada hari pertama DOC datang lapisi koran diatas litter.

Baca Juga : Cara Beternak Burung Puyuh

6. Pakan

Selanjutnya pemberian pakan DOC dengan pakan halus karena DOC baru bisa makan pakan halus oleh karena itu, berikan pakan jenis bubuk. Letakkan pakan halus dinampan plastik agar DOC bisa menceker pakan tersebut.

7. Vaksin

Perawatan selanjutnya yaitu pemberian vaksin pada DOC. Vaksin penting untuk mencegah DOC terserang penyakit. Jenis vaksin yang diberikan pada DOC yaitu masih dalam bentuk tetes mata atau tetes hidung, bukan sistem vaksin suntik.

Untuk jenis vaksin mata yaitu untuk vaksinasi ND. Selain vaksin, berikan vitamin secara berkala untuk menjaga daya tahan tubuh ayam menjadi lebih stabil. Berikan vitamin yang dicampurkan dengan air minum agar DOC menjadi lebih sehat.

Baca Juga : Cara Merawat DOC Ayam Petelur

Beternak ayam broiler dari DOC memang memiliki risiko kematian yang cukup besar. Namun, jika anda lakukan perawatan yang tepat dan benar seperti step diatas, maka anda akan sukses dalam beternak ayam broiler.

Itulah beberapa tips Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam BroilerSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.