Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster Winter White Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster Winter White Bagi Pemula – Winter White merupakan spesies hewan hamster pada jenis Phodopus. Hamster jenis ini banyak hidup di Siberia dan juga bisa ditemukan di Dzungaria, Kazakhstan, Mongolia dan Manchuria. Lama kehidupan hewan hamster ini berkisar antara 1,5- 2 tahun, meski hewan hamster tersebut bisa hidup lebih lama.

Ada banyak jenis hamser winter white diantaranya, normal, sapphire, pearl, golden, blue argente, dan violet. Jenis hamster winter white ini memiliki penampilan yang mirip dengan hewan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara merawat hamster winter white, berikut selengkapnya:

Cara Merawat Hamster Winter White Bagi Pemula

Karakter Hamster Winter White

Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hewan hamster campbell, yaitu berukuran 7-9 cm. Umumnya jenis hamter winter white memiliki 3 variasi warna yaitu normal, sapphire, dan pearl. Karakter hewan hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan jika yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis hamster dibanding hewan hamster mini yang lain sebab sifat manja yang dimilikinya.

Kelebihan Hamster Winter White

Kelebihan hamster winter white yaitu lebih jinak dibanding jenis hewan hamster mini yang lain. Hewan hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika di area ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika di ruangan yang bersuhu normal.

Kekurangan Hamster Winter White

Kekurangan hamster winter white yaitu lebih malas dibanding hewan hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hewan hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hewan hamster campbell yang biasa menggigit lalu langsung kabur.

Pilihlah Kandang yang Tepat untuk Hewan Hamster Winter White Sobat

Ada baiknya pelihara hewan hamster winter white di dalam kandang yang berukuran 0,23 meter persegi atau kandang dengan ukuran 61 x 38 cm. Akuarium kaca bisa menjadi pilihan kandang yang tepat untuk hewan hamster winter white, selama akuarium yang digunakan memiliki luas yang cukup besar.

Apabila menggunakan akuarium, kekurangannya ada pada kurangnya ventilasi udara, sehingga pastikan menggunakan tutup bagian atas yang terbuat dari jaring kawat agar ada perputaran udara di dalam kandang. Sebagai alternatif, kandang hewan hamster winter white berjenis nampan plastik dengan tutup kawat bisa menjadi pilihan kandang dengan ventilasi yang baik.

Peletakkan Kandang Hamster Winter White

Letakkan kandang diruangan yang memiliki banyak ventilasi udara tapi tidak mendapatkan sinar matahari langsung, bebas dari gangguan hewan peliharaan lain untuk mengurangi tingkat stres pada hamster tersebut.

Pemberian Pakan dan Minum Hamster Winter White

Sediakan pakan yang cukup setiap hari untuk hamster winter white agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Sediakan pakan 8 gram setiap hari. Pakan yang bisa diberikan bisa berupa pelet atau biji-bijian. Selain itu sediakan pula air minum yang perlu diganti setiap hatinya.

Berikan Mainan Roda Hewan

Roda hewan hamster winter white yang tersedia dalam paket pembelian kandang biasanya berukuran terlalu kecil dan kurang baik untuk kesehatan tulang punggung hewan hamster winter white. Jika hewan hamster winter white membungkuk (punggungnya miring ke arah depan) saat berlarian di dalam roda, roda tersebut berukuran terlalu kecil. Belilah roda hewan hamster winter white dengan diameter 20 cm.

Cara Membersihkan Kandang Hamster Winter White

Gunakan campuran sabun pencuci piring dan air sebagai media pencuci. Perlu diingat, sisa sabun sekecil apa pun yang menempel di kandang bisa membuat hewan hamster winter white Sobat tidak nyaman. Sebagai alternatif, bisa menggunakan sabun pencuci khusus kandang hewan pengerat atau hewan hamster winter white yang bisa dibeli di hampir semua toko hewan peliharaan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster Winter White Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post