Kenari Black Red – Ciri-Ciri dan Cara Perawatan Burung Kenari Black Red Paling Lengkap

Posted on

Cara Perawatan Burung Kenari Black Red – Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau papan atas yang banyak digemari untuk dipelihara di rumah, juga sering digunakan sebagai burung lomba. Tak terkecuali pada jenis Burung Kenari Black Red.

Selain karena warna bulunya yang mempesona dan menyilaukan mata, Burung Kenari Black Red juga memiliki suara yang merdu dan rajin gacor. Selain itu, burung kenari juga memiliki mental juara yang mampu mendominasi lapangan pertandingan sehingga sering dijadikan sebagai burung lomba.

Dari segi perawata, burung kenari juga tidak terlalu sulit karena burung kenari bukan burung yang bersifat sensitif dan pemalu sehingga tidak mudah stress meskipun berada ditempat baru. Bagi anda yang ingin memelihara jenis burung ini, berikut ini ciri-ciri dan cara perawatan burung kenari Black Red. Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya 

Ciri–ciri Burung Kenari Black Red

Ada banyak sekali jenis burung kenari dengan karakteristik yang hampir sama serta suara gacor nya. Namun setiap jenisnya pasti memiliki perbedaan. Berikut ini ciri-ciri burung kenari Black Red, antara lain:

  • Sesuai dengan namanya, burung kenari jenis ini memiliki bulu berwarna merah tua namun tidak seperti merah darah.
  • Memiliki bulu bercorak hitam dan ketika digabungkan akan memiliki warna hitam merah.
  • Bagian ekor ada yang berwarna polos, ada juga yang bercorak lorek warna hitam.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor 

Cara Perawatan Burung Kenari Black Red

Perlu dilakukan perawatan burung kenari jenis Black Red agar menghasilkan kenari gacor kualitas baik dan bisa dijadikan masteran. Berikut ini beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan pada burung kenari blacak red, antara lain:

  • Bersihkan kandang dari sisa sisa kotoran dan sisa makanan. Jangan biarkan kandang sampai lembab atau basah karena dapat menyebabkan serangan jamur.
  • Jaga kebersihan tubuh burung dengan rajin memandikannya setiap pagi dan sore.
  • Setelah dimandikan, pastikan jemur burung dibawah sinar matahari pagi mulai pukul 8 hingga 10 pagi.
  • Selanjutnya, kembalikan burung ketempatnya lalu lakukan pemasteran atau melatih black red untuk rajin gacor dan siap mengikuti pertandingan kicau.
  • Jenis makanan yang diberikan dapat berupa biji-bijian campur, buah, serta sayuran hijau untuk mencegah rasa bosan burung terhadap makanan sehari – harinya.
  • Beri makanan tambahan yang mengandung protein seperti kroto atau asinan sotong.
  • Berikan multivitamin tambahan khusus untuk burung untuk menjaga kebugaran tubuh black red.
  • Jangan lupa beri kerodong setiap malam pada kandang untuk menjaga dari gigitan nyamuk dan hawa dingin.

Baca Juga : Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Kenari 

Itulah informasi yang diberikan tentang Ciri-Ciri dan Cara Perawatan Burung Kenari Black RedSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca