Panduan Lengkap Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor Bagi Pemula – Burung Kenari (Serinus canarai) adalah jenis burung kicau yang pertama kali ditemukan di kepulauan canary sebuah daratan di bagian timur laut afrika oleh Jean De Berthan Cout seorang pelaut perancis. Burung kenari memiliki bulu yang indah seperti warna kuning, hijau, putih, merah dan lainnya serta memiliki suara yang merdu.

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak di pelihara, karena ukurannya relatif kecil, burung kenari hanya memakan biji-bijian serta memiliki warna bulu yang indah dan suaranya merdu.Terdapat beberapa jenis burung kenari diantaranya Kenari Norwich, Kenari Border, Kenari Yorkshire, Kenari Gloster, Kenari Roller, Kenari Belgian, Kenari Frill, Kenari Chest, Kenari Cinnamon, Kenari Lancashire, Kenari London Fancy, Kenari Fife Fancy, dan Kenari Red Intensive.

Memelihara burung kenari selain bisa membuat hati senang, memelihara kenari ternyata juga bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menernak burung kenari tersebut. Menernakan kenari merupakan salah satu prospek usaha yang menjanjikan karena nilai jual kenari cenderung stabil yaitu berkisar antar ratusan ribu hingga puluhan juta, tak heran jika orang banyak berminat untuk memelihara burung kenari.

Jika ingin membudidayakan burung kenari maka kalian harus bisa merawatnya dengan baik. Nah kali ini kita akan membahas cara merawat burung kenari agar cepat gacor, berikut selengkapnya:

Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor

Pemberian Pakan yang Cukup dan Minum

Berikan pakan pada burung kenari secara teratur atau sedikit demi sedikit yang penting rutin. Selain itu pastikan tingkat kebersihan makanan yang hendak diberikan, dengan cara sering mengganti yang baru. Apalagi jika pakan yang diberikan cenderung basah, tentu akan mudah menyebabkan basi. Minum juga harus selalu disediakan di kandang dan pantau jika sewaktu-waktu air minum habis atau kotor.

Pemberian Vitamin yang Cukup

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat burung kenari cepat gacor lainnya yaitu dengan memberikan vitamin tambahan. Vitamin tersebut bisa dibeli di kios pakan burung dengan harga terjangkau, dan fungsi pemberian vitamin pada burung kenari yaitu untuk menutrisi tubuh sang kenari agar senantiasa mendapatkan gizi yang cukup.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Kenari

Kebersihan Kandang

Memberikan tempat nyaman untuk burung kenari bisa membantu agar burung kenari cepat dan mudah sekali gacor. Jadi, jaga kebersihan kandang tersebut untuk membuat kenari merasa betah dan nyaman.

Penempatan yang Kondusif

Tempat peletakan sangkar atau kandang menjadi acuan kenari dalam tingkat psikisnya, jika lokasi tempat meletakkan kandang dan burungnya sangat tidak kondusif maka akan membuatnya mudah stres. Maka harus memberikan tempat yang benar-benar nyaman seperti jauh dari keramaian dan teduh.

Baca Juga: Cara Budidaya Burung Anis Cendana

Memandikan dan Menjemur

Mandikan burung kenari harus di lakukan setiap hari, tidak perlu di guyur air seperti mandi pada umumnya tapi cukup semprotkan air saja. Mandi pada burung kenari bisa di lakukan sehari sekali atau maksimal dua kali, pagi dan sore.

Untuk pagi hari bisa mulai jam 8 pagi, ini merupakan waktu yang tepat untuk memandikan kenari dan kemudian menjemurnya selama 15 menit untuk mendapatkan vitamin D. Sedangkan di sore hari yaitu di jam 3-4 sore. Pada saat menjemurnya, usahakan tempat air minum tetap terisi penuh dan selalu begitu agar kenari bisa meneguknya setiap saat.

Penggantangan

Burung kenari perlu juga di gantang setiap pagi, ketika sudah mulai terbangun dan beraktivitas maka keluarkan sangkarnya di depan rumah. Terutama di gantang sebelum di mandikan dan di jemur dengan tujuan agar kenari tidak mudah bosan.

Baca Juga: Cara Ternak Burung Burung Puyuh

Pemberian Buah-Buahan

Berikan pakan tambahan berupa buah-buahan segar untuk burung kenari, karena ini termasuk ke dalam salah satu cara terbaik dan alami yang bisa diberikan. Pada dasarnya, semua burung menyukai buah segar yang mengandung banyak air, seperti pepaya, tomat, apel, pisang dan beberapa lainnya. Selain segar dan menyegarkan tubuhnya, kandungan gizi di dalam buah sangat bagus untuk kesehatan dan kelincahan sang burung. Sehingga memudahkan konsentrasi dan cepat tanggap untuk bersiul.

Pemasteran

Lakukan pemasteran untuk melatih sang kenari agar cepat gacor. Waktu yang terbaik untuk memfaster adalah sore hari, karena tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Caranya dengan mendekatkan dengan burung yang sudah lihai berkicau, atau bisa dengan suara buatan dari MP3.

Demikian artikel pembahasan tentang cara merawat burung kenari semoga bermanfaat.