Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Anis Cendana Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Anis Cendana Bagi Pemula Agar Sukses – Anis cendana (Geokichla peronii) adalah burung endemik kawasan timur Indonesia khususnya Kepulauan Banda dan juga Flores serta Bali dan Nusa Tenggara. Karakter suara dan jenis kicauan anis cendana mirip dengan anis macan yaitu ngerol, volume yang keras dan bisa meniru suara burung lain dengan baik.

Cara Ternak Burung Anis Cendana Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Anis Cendana

Siapkan kandang ternak berupa sangkar khusus ternak yang dibuat permanen dengan ukuran 90 x 90 x 180 atau bisa disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Pemilihan Indukan Anis Cendana

Pilih burung anis cendana yang sudah siap karin dengan ciri-ciri bunyi pejantan yang semakin keras saat mengejar betina dan betina akan bersiul sambil mengepakan sayap ke arah bawah atau dikenal dengan istilah kicau mania seperti mesawat, mbebek atau ngeleper. Serta telah cukup umur, calon indukan anis cendana jantan berumur 1-2 tahun dan untuk anis cendana betina minimal berumur 1 tahun.

Cara membedakan jantan dan betina burung anis cendana yaitu dengan melihat ciri fisiknya, berikut perbedaan jenis kelamin burung anis cendana:

Ciri-Ciri Anis Cendana Jantan

  • Memiliki postur tubuh lebih tegap dan ramping dibandingkan betina.
  • Memiliki warna bulu yang lebih tegas dibandingkan betina.
  • Jarak antara kedua kaki lebih rapat pada saat bertengger.
  • Kicauan anis cendana jantan lebih lantang dan bervariasi.
  • Mata pejantan lebih menonjol keluar dibandingkan betina.

Ciri-Ciri Anis Cendana Betina

  • Memiliki postur tubuh lebih bulat dan jongkok dibandingkan jantan.
  • Warna bulu tidak setegas jantan.
  • Jarak antara kedua kaki lebih lebar pada saat bertengger.
  • Kicauan tidak sebagus dan selantang jantan.
  • Bagian mata tidak terlalu tampak menonjol keluar.

Proses Penjodohan Burung Anis Cendana

Jika indukan jantan dan betina sudah disiapkan, selanjutnya menjodohkan indukan dengan cara mendekatkan sepasang burung anis cendana sekitar 1 minggu yang ditempatkan pada kandang sama dan tempatkan juga wadah untuk bertelur. Sedangkan untuk pakan diberikan kroto, cacing dan jangkrik secara bergantian dan tambahkan juga voer.

Burung Anis Cendana Bertelur dan Menetas

Jumlah telur yang dihasilkan anis cendana betina biasanya sebanyak 2-3 butir yang nantinya akan dierami induk selama kurang lebih 14 hari. Setelah telur dierami, anakan anis cendana akan menetas. Nantinya, piyik akan dirawat induk hingga bisa makan sendiri. Namun, jika peternak meloloh anakan anis cendana, maka anakan sudah bisa dipanen saat berumur 2-3 minggu. Sesudah telur menetas hingga panen, jangan lupa berikan pakan tambahan atau extrafooding yang harus selalu disediakan agar meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan anakan serta induk anis cendana.

Pemberian Pakan Anis Cendana

Pakan yang diberikan pada burung anis cendana bisa berupa voer dengan pakan tambahan berupa jangkrik sebanyak 4-5 ekor setiap pagi dan sore hari. Bisa juga diberi pakan ulat hongkong sebanyak 2-3 ekor setiap hari.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Anis Cendana Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa