Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya Dengan Mudah Bagi Pemula – Burung Kenari (Serinus canarai) adalah jenis burung kicau yang pertama kali ditemukan di kepulauan canary sebuah daratan di bagian timur laut afrika oleh Jean De Berthan Cout seorang pelaut perancis. Burung kenari memiliki bulu yang indah seperti warna kuning, hijau, putih, merah dan lainnya serta memiliki suara yang merdu.

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak di pelihara, karena ukurannya relatif kecil, burung kenari hanya memakan biji-bijian serta memiliki warna bulu yang indah dan suaranya merdu.Terdapat beberapa jenis burung kenari diantaranya Kenari Norwich, Kenari Border, Kenari Yorkshire, Kenari Gloster, Kenari Roller, Kenari Belgian, Kenari Frill, Kenari Chest, Kenari Cinnamon, Kenari Lancashire, Kenari London Fancy, Kenari Fife Fancy, dan Kenari Red Intensive.

Tidak semua orang bisa dengan mudah mengetahui umur kenari jika tidak merawat burung tersebut sejak anakan. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara mengetahui umur kenari dari fisiknya, berikut selengkapnya:

Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Kenari

Bentuk Tubuh

Biasanya burung kenari yang sudah menua, kondisi tubuhnya tidak sekekar kenari muda. Meski sehat, tapi jika sudah mengarah pada usia maka fisiknya yang menurun. Misalnya bentuk tubuh yang mulai kecil (bukan kurus kurang gizi atau sakit) tapi lebih pada perawakan yang semakin menua. Sedangkan kenari muda masih memiliki kondisi badan stabil, kekar dan kuat.

Kicauannya

Burung kenari yang masih muda tentu saja memiliki kekuatan lebih baik dan kuat. Semakin tua, kenari akan semakin lemah dan tidak sekuat kenari muda. Begitu juga untuk suaranya, dimana performa berkicau akan menurun untuk kenari yang sudah tua. Suaranya tidak selantang kenari yang masih muda. Sebaliknya, kenari yang masih muda memiliki suara lebih lantang.

Gerakannya

Jika aktif sekali biasanya kenari masih berusia muda. Sedangkan kenari tua cenderung lebih diam, walaupun aktif tapi tidak selincah kenari muda yang sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari

Jari-Jari (Ceker)

Ceker atau jari kenari yang terlihat segar, sehat, mengkilat dan nampak basah itu tandanya kenari masih usia muda. Kenari yang berusia tua bisa diketahui dari cekernya yang keriput dan tidak begitu basah alias kering. Selain itu, kenari yang berumur tua bisa di ketahui dari sisiknya yang semakin menebal.

Masa Mabung

Molting atau mabung adalah istilah dari rontoknya bulu burung secara alami. Apabila masa mabung burung kenari terjadi satu kali dalam setahun, maka bisa di katakan kenari tersebut masih muda. Sedangkan jika kenari mengalami mabung dua kali dalam setahun maka bisa dikatakan burung kenari tersebut berusia tua.

Melihat Kloaka atau Bentuk Kelamin

Khusus untuk burung kenari yang berusia dewasa yaitu berumur lebih dari 4 bulan biasanya alat kelaminnya lebih besar di bandingkan kenari betina, begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Cara Budidaya Burung Anis Cendana

Nafsu Makan

Meski kenari kelihatan sehat, tapi dari segi umur mempengaruhi nafsu makannya pula. Jadi nafsu makan yang tidak begitu antusias tidak selalu menandakan burung kenari sedang sakit. Maksudnya, kenari sehat memiliki nafsu makan normal tapi untuk kenari yang masih muda maka nafsu makannya bisa dua kali lipat dari yang lebih tua.

Warna Paruh

Warna paruh burung kenari yang sudah tua biasanya akan memucat, berbeda dengan kenari yang masih muda yang memiliki paruh lebih terang dan cerah.

Demikian artikel pembahasan tentang cara mengetahui umur burung kenari bagi pemula semoga bermanfaat.