Panduan Lengkap Cara Stek Jeruk Lemon Bagi Pemula Agar Berhasil

Posted on

Panduan Lengkap Cara Stek Jeruk Lemon Bagi Pemula Agar Berhasil – Jeruk Lemon atau Sitrun atau Limun adalah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon memiliki banyak kandungan seperti vitamin C yang tinggi, kalium, natrium dan lainnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Lemon

Klasifikasi Ilmiah Lemon
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: Citrus x limon

Lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat lemon diantaranya bisa digunakan untuk diet, untuk merawat kulit kepala dan rambut, untuk merawat kulit kepala dan rambut, untuk menghilangkan jerawat, untuk memutihkan gigi, menyeimbangkan pH dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika

Salah satu cara perbanyakan tanaman jeruk lemon adalah dengan stek batang. Kali ini kita akan membahas tentang cara stek batang jeruk lemon, berikut selengkapnya:

Cara Stek Jeruk Lemon Bagi Pemula Agar Berhasil

Penyetekan lemon ini dilakukan tanpa menggunakan perangsang akar dan tanpa penyungkupan, berikut cara selangkapnya:

Persiapan Alat dan Bahan Stek Lemon

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk menyetek tanaman lemon diantaranya yaitu:

  • Ranting atau dahan tanaman jeruk lemon yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit juga merupakan tanaman yang produktivitasnya baik.
  • Media tanam stek berupa campuran tanah dan kompos.
  • Wadah media tanam berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya, lubangi bagian bawahnya.

Baca Juga : Cara Menanam Jeruk Lemon Cui

Langkah-Langkah Penyetekan Jeruk Lemon

Pertama, campurkan media tanam berupa tanah, abu sekam dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk media tanam tersebut hingga merata. Selanjutnya, masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, berupa polybag, gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya.

Setelah itu, potong ujung batang/ranting lemon yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20cm, sisakan beberapa daun di ujungnya. Tanam batang stek dengan cara menancapkannya, lalu padatkan media agar batang stek tertanam erat dan tidak mudah goyah, kemudian siram secukupnya. Letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Cara Menanam Jeruk Lemon Dalam Pot

Setelah bibit stek batang lemon berumur 2-3 minggu, stek sudah bisa dijemur di bawah sinar matahari pagi. Setelah stek berumur kurang lebih 3 minggu, biasanya sudah mulai tumbuh akar dan akar akan terlihat apabila wadah penyetekan menggunakan gelas bekas air mineral atau wadah transparan.

Demikian pembahasan tentang cara menyetek jeruk lemon bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa