Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula – Lemon adalah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah lemon biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon memiliki banyak kandungan seperti vitamin C yang tinggi, kalium, natrium dan lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Lemon
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: Citrus x limon

Salah satu jenis lemon yang terkenal adalah lemon import seperti lemon amerika. Jeruk lemon amerika memiliki nilai harga sangat tinggi dibanding lemon biasa, bisa mencapai 3 kali lipat harganya. Untuk itu, banyak orang yang ingin menanam atau budidaya lemon amaerika ini. Berikut cara menanam jeruk lemon amerika:

Cara Menanam Jeruk Lemon Amerika

Pemilihan Bibit Jeruk Lemon Amerika

Pilihlah bibit jeruk lemon amerika yang berkualitas, pilih bibit jeruk lemon amerika yang bebas dari hama dan penyakit serta cukup umur untuk di pindah tanam. Selain itu, ciri bibit jeruk lemon amerika yang baik yaitu bibit jeruk lemon amerika memiliki batang kokoh, tidak keriput atau kurus, memiliki daun yang hijau sehat dan tidak kuning kering.

Pemilihan Lokasi Penanaman Bibit Jeruk Lemon Amerika

Jeruk lemon bisa ditanam di lahan perkebunan atau lahan pekarangan yang agak luas agar akar pohon jeruk lemon amerika berkembang dengan baik. Lokasi penanaman perlu tersinari matahari secara penuh, jangan ada pohon yang merindangi penanaman bibit jeruk lemon amerika.

Setelah memilih lahan yang bagus untuk penanaman bibit lemon amerika, buatlah lubang tanam berukuran sekitar 50x50x50 cm dengan menggunakan cangkul. Kemudian, tanah untuk menutup lubang tanam dicampur dengan kompos atau pupuk kandang yang telah difermentasi. Tutup campuran tanah dan kompos dengan plastik.

Kemudian, diamkan lubang tanam dan campuran tanah dan kompos selama 1 minggu, untuk menghilangkan panas pada campuran tanah dan kompos.

Cara Menanam Jeruk Lemon Amerika

Setelah siap, bibit jeruk lemon amerika siap untuk di tanam pada lubang tanam yang telah disiapkan dibuat. Jika bibit pada polybag, lepaskan polybag dengan hati-hati jangan sampai merusakan perakaran bibit. Letakkan bibit pada lubang, penanaman harus tegak lurus jangan miring.

Setelah bibit diletakkan di lubang tanam dengan baik, lalu tutup dengan tanah campuran kompos yang sudah disiapkan dan sedikit padatkan. Setelah itu lakukan lakukan penyiraman dan pasang ajir bambu guna menopang tanaman agar tidak mudah roboh.

Cara Merawat Jeruk Lemon Amerika

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman jeruk lemon amerika ini terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan pupuk organik cair, pupuk NPK, pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemupukan ini dapat dilakukan secara rutin sebulan sekali.

Umumnya lemon amerika akan berbuah sekitar 1-2 tahunan. Untuk mempercepat munculnya bunga atau buah jeruk lemon amerika, maka perlu diberikan pupuk perangsang buah secara rutin setiap sebulan sekali.

Guna menunjang pertumbuhan jeruk lemon amerika tumbuh secara optimal maka lakukan pemangkasan cabang-cabang yang tidak perlu, lakukan penyiraman secara teratur, lakukan pula penyiangan rumput di sekitar tanaman.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa