Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Cuba Di Aquarium Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Rumput Cuba – Rumput cuba adalah salah satu jenis rumput yang biasa ditanam di dalam akuarium. Nama latin rumpu kuba adalah Hemianthus callitrichoides.

Rumput cuba ini memiliki bentuk daun yang kecil dan berwarna hijau cerah. Biasanya jenis rumput cuba ini digunakan sebagai tanaman foreground atau karpet.

Tanaman rumput cuba ini menjadi favorit para pecinta aquascape karena selain memiliki bentuk yang indah dan bagus daunnya yang berukuran kecil akan terlihat indah saat tumbuh menyebar dan membentuk karpet pada bagian dasar aquarium.

Untuk menanam cuba ini ada yang mengatakan mudah dan ada yang mengatakan sulit, nah kali ini kita akan membahas tentang cara tanam cuba di aquarium dengan metode emerseed dan perawatannya secara rinci. Berikut selengkapnya:

Baca Juga: Menanam Carpet Seed

Cara Menanam dan Merawat Rumput Cuba Bagi Pemula

Teknik Tanam Emerseed

Teknik penanaman emerseed adalah perpaduan metode menanam pada kondisi basah dan kering. Metode penanam ini disebut juga DSM (Dry Start Methode) dimana penanaman rumput cuba dengan cara setengah di darat dan di air.

Keuntungan menggunakan metode penanaman emerseed ini, diantaranya yaitu:

  • Pertumbuhan tanaman rumput cuba akan lebih cepat.
  • Lebih kuat terhadap serangan alga
  • Tidak membutuhkan perawatan intensif.

Kekurangan menggunakan metode penanaman emerseed yaitu harus melakukan pekerjaan sebanyak dua kali yakni menanam secara emerseed lalu mengadaptasikannya kembali dengan ditanam dalam kondisi submersed atau basah.

Persiapan Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan penanaman rumput cuba, diantaranya:

  • Media tanam berupa pasir malang.
  • Pupuk dasar.
  • Bibit rumput cuba sebanyak satu lempeng seharga 15.000.
  • Nampan atau baki, selain itu bisa juga wadah bekas yang bentuknya persegi dengan bagian bawah yang tertutup.
  • Alat penyemprot atau sprayer.
  • Lampu bohlam 5 watt.

Baca Juga : Budidaya Anubias Metode Aquatik

Pembuatan Media Tanam Rumput Cuba

Pembuatan media tanam rumput cuba mudah yaitu dengan mencampurkan pasir malang dan pupuk dasar, lalu aduk hingga merata dan tambahkan sedikit air hingga media tanaman lembab dan basah. Selanjutnya, masukkan media tanam yang sudah dibuat tersebut kedalam wadah nampan dengan ketebalan 5 cm. Pastikan permukaan media tanam rata dan halus.

Cara Menanam Rumput Cuba

Sebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu lempeng bibit rumput cuba dibersihkan dari tanah yang menyangkut sehingga bagian akar tanaman akan kelihatan. Jika sudah, bagi bibit tersebut tadi kedalam bagian bagian kecil dengan ukuran panjang kali lebar kurang lebih 1,5×1,5 cm. Selanjutnya, tanamkan rumput kebagian permukaan media pasir malang dengan jarak 2 x 2 cm antar tanaman. Pastikan bagian akar tanaman tertimbun dibawah permukaan media sedangkan bagian daun tetap berada pada permukaan media tanam.

Cara Merawat Rumput Cuba

Agar tanaman rumput cuba dapat tumbuh optimal, segar dan hijau maka lakukan perawatan secara rutin. Adapun perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman rumput cuba, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Menanam Hairgrass

Mengingat di habitat aslinya rumput cuba dapat tumbuh dalam air maka pasirnya rumput ini memerlukan air dalam jumlah banyak. Lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban media dan juga tanaman, sehingga rumput cuba tidak akan mengalami kekeringan atau dehidrasi. Sebaiknya penyiraman dilakukan dengan menggunakan sprayer untuk menghindari terlalu banyak menyiramkan air serta juga untuk menghindari agar media tanam tidak tergenang.

Untuk mencegah penguapan berlebih maka pada bagian atas diberikan penutup. Hal ini bertujuan untuk menjaga media tanam tetap dalam kondisi lembab sehingga tanaman akan tetap terjaga kelembabannya dan membuat kondisi media tetap basah sehingga tanaman tidak mengalami dehidrasi dan kekeringan. Terlebih lagi tanaman rumput cuba membutuhkan kondisi kelembaban sangat tinggi.

Agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh rumput cuba terpenuhi, lakukan pemupukan dengan menggunakan jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea. Selain itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan rumput cuba maka dibutuhkan pencahayaan yang optimal. Maka letakkan tanaman rumput cuba pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Akan tetapi, akan lebih baik jika menggunakan tambahan lampu bohlam berwarna kuning berukuran 5 watt. Pencahayaan yang optimal akan membantu rumput cuba untuk tumbuh semakin hijau dan segar.

Demikian pembahasan tentang menanam dan merawat rumput cuba untuk tanaman akuarium, semoga bermanfaat.