Panduan Lengkap Cara Ternak Dan Merawat Tupai Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Dan Merawat Tupai Bagi Pemula Agar Sukses – Tupai (Scandentia) adalah segolongan mamalia kecil yang mirip, dan kerap dikelirukan, dengan bajing. Secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga bajing. Tupai merupakan hewan pemangsa serangga, dan dulu dimasukkan ke dalam bangsa insektivora (pemakan serangga) bersama-sama dengan cerurut, sedangkan bajing dan bajing terbang termasuk bangsa Rodentia (hewan pengerat) bersama-sama dengan tikus.

Klasifikasi Ilmiah Tupai
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Scandentia
Suku:
Tupaiidae
Ptilocercidae

Ada banyak jenis tupai diantaranya yaitu tupai madras (Anathana ellioti); tupai ekor-kecil indochina (Dendrogale murina); tupai ekor-kecil (Dendrogale melanura); tupai indochina (Tupaia belangeri); tupai mentawai (Tupaia chrysogaster); tupai bergaris (Tupaia dorsalis); tupai akar (Tupaia glis); tupai ramping (Tupaia gracilis); tupai kekes (Tupaia javanica); tupai kaki-panjang (Tupaia longipes); tupai kecil (Tupaia minor); tupai kalamian (Tupaia moellendorffi); tupai gunung (Tupaia montana); tupai nikobar (Tupaia nicobarica); tupai palawan (Tupaia palawanensis); tupai tercat (Tupaia picta); tupai indah (Tupaia splendidula); tupai tanah (Tupaia tana); tupai mindanao (Urogale evereti) dan tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii).

Cara Ternak Dan Merawat Tupai Bagi Pemula

Pemilihan Jenis Tupai

Sebelum melakukan ternak, kalian harus menentukan jenis tupai yang akan diternakan dan dirawat. Pilih tupai yang sehat, tidak cacat dan berkualitas agar nantinya tupai yang dihasilkan juga berkualitas.

Sebaiknya tupai yang akan dipelihara diperoleh dengan membelinya atau lebih baik mengadopsi tupai yang umurnya sudah sesuai yaitu sekitar 9 minggu.

Persiapan Kandang Ternak Tupai

Karena sudah diketahui bahwa tupai merupakan salah satu jenis hewan pengerat, maka sebaiknya pilih kandang yang terbuat dari besi. Pemilihan kandang besi ini dilakukan agar kandang tidak mudah rusak oleh tupai. Ukuran kandang dipilih yang luas agar tupai lebih leluasa bergerak, setidaknya berukuran lebar 60 cm, panjang 60 cm dan tinggi 1 m.

Dalam kandang diberi ranting pohon atau kayu sebagai media bermain tupai untuk melatih motoriknya. Selain itu, letakkan juga kardus atau kayu yang dibentuk sebagai tempat tidur tupai.

Makanan dan Minuman Tupai

Pakan yang diberikan pada tupai bisa berupa rodent blok yang dilapisi selai kacang atau lumuri dengan buah anggur atau apel agar rasanya lebih manis. Berikan 3 hingga 4 rodent blok ini per hari dan ganti setiap hari agar tetap dalam keadaan segar sekaligus mencegah kuman penyakit.

Selain itu, bisa juga diberi jangkrik, buah-buahan (seperti blacberry, stroberi, blueberry, potongan pisang, apel, persik dan juga mangga) , biji bijian, kacang dan juga jagung.

Selain pakan, tupai diberi minuman air bersih yang diganti secara berkala.

Cara Merawat Tupai

Agar tupai tidak mudah terserang penyakit, maka lakukan pembersihan kandang secara teratur. Selain itu, agar tupai lebih jinak dan tidak agresif jika bertemu orang maka ajak tupai bermain dan berinteraksi dengan orang serta lingkungan sekitar.

Jangan lupa letakkan kandang tupai dekat dengan jendela agar terkena sinar marahari serta mendengar dan membaui lingkungan sekitarnya.

Lakukan pemeriksaan kesehatan tupai secara berkala ke dokter hewan yang nantinya akan memberikan panduan diet, perawatan dan juga pemeliharaan tepat yang harus diberikan pada tupai peliharaan yang kalian miliki.

Selain itu, jika tupai menunjukkan gejala sakit seperti lemas, tidak bertenaga, tidak mau makan dan lain sebagainya, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Dan Merawat Tupai Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa