Gejala dan Penyebab Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Jeruk

Posted on

Bercak Daun Pada Tanaman Jeruk – Bercak daun pada tanaman jeruk adalah gejala yang ditimbulkan oleh serangan hama atau penyakit tanaman yang menyebabkan tanaman jeruk merana atau rusak. Selain menyerang daun, hama penyakit ini juga menyerang ranting, cabang dan buah jeruk. Sehingga menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, ranting mengering dan mati. Untuk itu berikut ini akan kami jelaskan penyebab dan gejala bercak daun pada tanaman jeruk.

Bercak daun disebabkan oleh jamur Cercospora Capsici yang menginfeksi tanaman dengan cara menyebar melalui udara, angin, hujan, hama vektor maupun alat pertanian. Spora ini juga bisa menyerang benih sebelum ditanam. Sedangkan jika menyerang buah jeruk, jamur ini menyebakan perkembangan buah lambat, buah berguguran, buah terlambat matang (masak) dan menurunkan kualitas buah jeruk.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jeruk

Penyebab dan Gejala Bercak Daun Jeruk

1. Embun Tepung (Powdery mildew)

Embun Tepung disebabkan oleh patogen Oidium tingitanium Carter yang menyerang hampir diseluruh pertanaman jeruk di Indonesia. Serangan penyakit embun putih ini terutama terjadi pada musim kemarau yang lembab. Penyakit embun putih dapat menyerang daun dan buah jeruk.

Gejala Embun Putih

  • Terdapat lapisan tepung putih di atas permukaan daun
  • Daun yang terserang mengalami malformasi (mengering tetapi tidak gugur)
  • Masa kritis serangan terjadi pada periode pertunasan dan daun muda yang sedang tumbuh
  • Buah jeruk muda yang terserang penyakit embun putih akan mudah rontok atau gugur.

Baca Juga : Hama dan Penyakit pada Jeruk Nipis

2. Embun Jelaga (Sooty mold)

Penyakit embun jelaga disebabkan oleh jamur Capnodium citri. Penyakit ini biasanya menyerang bagian buah, daun dan ranting tanaman jeruk. Penyakit ini dapat menyerang setiap tanaman jeruk, terutama jika pada tanaman jeruk terdapat kutu daun aphididae yang mengeluarkan embun putih.

Gejala Embun Jelaga

  • Pada bagian yang terserang penyakit akan ada lapisan hitam seperti jelaga pada buah, daun maupun ranting.
  • Pada buah yang terserang dan tertutup lapisan hitam biasanya berukuran kecil dan terlambat matang.
  • Serangan paling utama terjadi pada permukaan kulit dan sekitar 10% terjadi pada lapisan epidermis yang tidak bisa dibersihkan sehingga menyebabkan burik dan kusam.

3. Kutu Sisik

Kutu sisik biasanya menyerang bagian daun, ranting hingga buah jeruk dan biasanya senang bersembunyi dibagian tempat-tempat yang terhalang sinar matahari seperti dibawah permukaan daun. Kutu sisik biasanya menyerang dengan cara menusuk bagian daun, buah dan ranting dengan mengeluarkan toksin sehingga menyebabkan bagian tanaman menguning.

Gejala Kutu Sisik

  • Daun yang terserang kutu sisik akan berubah menjadi kuning dan menimbulkan bercak klorotis hingga menyebabkan daun jeruk berguguran.
  • Bagian ranting dan cabang yang terserang biasanya akan mengering dan menimbulkan retakan pada kulit rantingnya.
  • Pada bagian buah jeruk yang terserang akan menyebabkan buah rontok atau gugur.

Baca Juga : Cara Budidaya Jeruk Keprok

4. Kudis (Scab)

Kudis (Scab) pada jeruk disebabkan oleh patogen Spaceloma fawcetti jenkis dan menyerang daun jeruk. Tanaman jeruk yang paling rentang terserang penyakit kudis adalah tanaman jeruk pada dataran tinggi basah dan dataran rendah basah. Masa kritis serangan penyakit kudis dimulai saat pembentukan buah sampai buah pentil.

Gejala Kudis (Scab)

  • Pada bagian daun yang terserang terdapat bercak jernih
  • Bercak-bercak tersebut semakin lama akan berkembang menjadi gabus berwarna kuning atau coklat
  • Infeksi hanya terjadi pada salah satu permukaan daun saja
  • Pada serangan parah menyebabkan pertumbuhan menjadi kerdil dan deformasi titik tumbuh.

5. Kanker Jeruk (Citrus cancer)

Kanker Jeruk (Citrus cancer) disebabkan oleh patogen Xanthomonas axonopodis pv. Citri. yang tersebar diseluruh wilayah pertanaman jeruk di Indonesia. Jenis tanaman jeruk yang sering terserang penyakit ini adalah jeruk nipis (C. aurantifolia) dan pamelo (C. maxima Merr) yang tumbuh pada suhu 20-35 C. Infeksi terjadi melalui stomata, lentisel dan luka.

Gejala Kanker Jeruk

  • Muncul bercak dibagian sisi bawah daun yang berwarna hijau gelap dan kadang berwarna kuning disepanjang tepinya.
  • Adanya gabus warna coklat tetapi bagian tepi tidak berwarna kuning.

Baca Juga : Tips Budidaya Jeruk Manis

Itulah beberapa tipsGejala dan Penyebab Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Jeruk Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.