Tips Budidaya Ikan Oscar Bagi Pemula Agar Hasil Panen Maksimal

1 min read

Tips Budidaya Ikan Oscar Bagi Pemula Agar Hasil Panen Maksimal –  Ikan Oscar (Astronotus ocellatus) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan.

Klasifikasi Ikan Oscar
Ordo : Percomorphoidei
Sub-Ordo : Percoidea
Famili: cichlidae
Sub-Famili : Astronotus
Spesies : Astronotus ocellatus

Ikan Oscar memiliki bentuk dan warna yang menarik. Warna tubuh ikan ini kehitam-hitaman dengan motif kuning kemerah-merahan. Namun ada juga ikan oscar albino dengan warna dasar tubuhnya putih. Ikan oscar ini dapat tumbuh hingga ukuran sekitar 35 cm. Ikan oscar termasuk ikan yang cerdas karena ikan ini dapat dengan cepat belajar mengenai jadwal makannya dan apabila dilatih ia dapat mengambil pakan dari pemiliknya langsung. Ikan Oscar dapat melompat dengan ketinggian sekitar 15 cm untuk meraih pakannya. Ikan Oscar ini juga dikenal sebagai ikan Peacock Cichlid ataupun Velvet Cichlid.

Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan oscar bagi pemula, berikut selengkapnya:

Tips Budidaya Ikan Oscar Bagi Pemula Agar Hasil Panen Maksimal

Kebutuhan akuarium dan pakan ikan

Ukuran ikan oscar cukup besar sehingga ukuran akuarium yang digunakan harus disesuaikan dengan minimal 200 liter. Air akuarium harus diperhatikan dan dibersihkan secara berkala. Secara umum, pakan ikan oscar di alam liar berupa serangga kecil serta krustaceae. Selain itum bisa juga, alga atau ganggang ditambahkan dalam akuarium untuk memenuhi kebutuhan dan vitamin C bagi ikan.

Pemilihan Indukan Ikan Oscar

Indukan jantan dan betina biasa dimasukkan sepasang dalam satu akuarium dan pastikan jenis kelaminnya. Perbedaan indukan jantan dan betina ikan oscar diantaranya jantan memiliki tubuh yang lebih panjang dan alat kelamin yang menonjol dibandingkan betina. Indukan jantan yang dipilih harus sehat dan lincah, sedangkan indukan betina harus sudah matang gonadnya dengan ciri perut yang membesar.

Baca Juga : Budidaya Angel Fish

Proses Pemijahan Ikan Oscar

Pemijahan ikan oscar dilakukan secara alami dengan memasukan indukan jantan dan betina yang sudah masak gonadnya dalam satu akuarium. Biasanya proses pemijahan ini akan berlangsung dengan cepat saat kedua indukan memang sudah siap dan matang gonadnya. Untuk mendukung proses pemijahan maka sesuaikan suhu air dengan kondisi lingkungan pada musim hujan karena ikan oscar lebih mudah memijah pada saat musim hujan.

Pemeliharaan Benih Ikan Oscar

Telur ikan yang dikeluarkan oleh indukan betina harus dipisahkan dalam kolam penetasan. Benih ikan yang baru menetas tidak perlu diberikan pakan selama 4 harikarena masih memiliki persediaan makanan sendiri. Ikan yang berumur 5 hari harus diberi pakan rotifera untuk menghindari sikap kanibal. Ikan yang semakin dewasa bisa diberi pakan yang lebih kasar secara bertahap seperti kutu air saring di usia 10 hari dan cacing rambut pada usia 2 minggu.

Baca Juga : Budidaya Ikan Paradise

Pembesaran Ikan Oscar

Pembesaran ikan oscar dilakukan pada kolam pembesaran dengan ukuran yang cukup besar hingga bisa menampung 300 ekor ikan sekaligus. Sampai usia 1-5 bulan ikan yang dibesarkan diberikan pakan cacing rambut dan sebaiknya mulai dikurangi jumlahnya atau dibagi dalam kolam lain maksimal berisi 200 ikan. Pada umur 6 bulan, ikan sudah bisa diberi pakan berupa udang rebon hingga tumbuh dewasa.

Demikian pembahasan tentang tips dan cara budidaya ikan oscar, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.