Jenis Anubias Tanaman Aquascape Langka dan Cara Mempercepat Pertumbuhannya

2 min read

Jenis Anubias Tanaman Aquascape – Anubias adalah salah satu tanaman aquatik atau semi aquatik yang berasal dari daerah afrika, yang biasanya tumbuh disekitar rawa-rawa atau pinggiran sungai. Dalam dunia aquascape, tanaman anubias biasa digunakan untuk menghias aquascape agar terlihat menarik dengan dibentuk menyerupai semak belukar atau seperti pohon rimbun.

Tanaman anubias memiliki daun yang menempel pada batang atau rimpang denan akar menggantung yang akan menempel pada tanah, bebatuan, bahkan tanaman lain. Tanaman ini termasuk mudah ditanam, baik untuk pemula sekalipun. Hal ini karena, kebutuhan cahaya tanaman anubias tidak terlalu besar (low light), dan kebutuhan CO2 nya pun tidak besar (termasuk tanaman aquascape tanpa CO2 dengan catatan tidak terlalu banyak tanaman). Tanaman anubias memiliki banyak jenisnya dan beberapa jenisnya bisa ditemukan sebagai penghias aquascape, mulai ukuran mini, kecil hingga ukuran besar. Berikut ini beberapa Jenis Anubias Tanaman Aquascape.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Daun Suplir

Jenis Anubias Tanaman Aquascape

1. Anubias Barteri Var. Angustifolia

Anubias Barteri Var. Angustifolia memiliki bentuk daun lebih panjang dan runcing dibandingkan dengan jenis anubias lainnya. Anubias ini termasuk jenis anubias ukuran besar karena dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 30cm.

2. Anubias Barteri Var. Barteri

Anubias jenis ini memiliki daya tahan pada lingkungan ekstrim dengan sedikit nutrisi. Di afrika barat tanaman ini tumbuh disekitar sungai dengan arus yang cukup deras, dan termasuk jenis anubias ukuran besar karena dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 20-30cm.

3. Anubias Barteri Var. Nana

Anubias jenis ini memiliki ukuran kecil hingga sedang dengan tinggi sekitar 5cm-15cm. Anubias ini salah satu jenis anubias favorit para pecinta aquascape.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Dandelion 

4. Anubias Barteri var. caladiifolia

Anubias jenis ini memiliki bentuk daun oval menyerupai bentuk love dan ada corak disekitarnya. Jenis anubias ini termasuk dalam jenis anubias berukuran besar dengan tinggi sekitar 10-30cm.

5. Anubias Barteri ”Coffeefolia”

Jenis anubias ini memiliki daun bergelombang dan mirip dengan tumbuhan gelombang cinta. Jenis anubias ini termasuk dalam jenis anubias berukuran besar dengan tinggi sekitar 15cm-30cm.

6. Anubias Gracilis

Anubias jenis ini masuk dalam kategori anubias sedang dengan ukuran 5cm-15cm. Jenis anubias ini juga memiliki daun berbentuk “love” hanya saja sangat runcing dan panjang dibagian ujungnya.

Baca Juga :  Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot 

7. Anubias Petite

Anubias Petite merupakan mutasi yang muncul dalam budidaya di pembibitan tanaman akuarium. Anubias ini memiliki pertumbuhan sangat lambat dan sulit perawatannya. Jenis ini memiliki ukuran kurang dari 5cm dengan rimpang sekitar 5-10cm, karena ukurannya yang mini anubias ini seringkali digunakan sebagai tanaman carpet aquascape.

8. Anubias Afzelii

Anubias ini memiliki batang bawah pendek yang menyerupai Cryptocorynes dan Echinodorus. Anubias ini memiliki ukuran sedang dan daun sempit. Jenis anubias ini termasuk jenis ukuran besar dan biasanya pada akuarium di letakkan di tengah bagian belakang.

9. Anubias Barteri var. Glabra

Anubias jenis ini memiliki bilah daun tua dengan batang panjang hingga 21 cm, lebar 9 cm dengan bentuk daun seperti tombak. Panjang tangkai daun adalah 3-35 cm, dari 0,5-1,5 kali lebih panjang dari mata pisau.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Selloum

10. Anubias Gigantea

Anubias gigantea memiliki bilah daun panah besar dengan panjang mencapai 30cm dan lebar 14cm. Jenis anubias ini mirip dengan jenis Anubias gigantea var. tripartita Chevalier, Anubias hastifolia var. robusta Engler. Namun jenis ini jarang digunakan di akuarium.

11. Anubias Gilletii

Jenis anubias ini memiliki daun hijau dengan tangkai panjang berbentuk tombak dan bisa tumbuh sekitar 40cm. Jenis ini sering tumbuh didaerah berlumpur dekat sungai bahkan sepernuhnya tenggelam.

12. Anubias Coffeefolia

Jenis anubias ini merupakan tanaman air yang indah dan populer di kalangan pecinta akuarium. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau gelap dan sangat tebal yang bisa berbentuk elips, segitiga, bundar atau berbentuk hati. Dan lebih suka tumbuh dalam kondisi terbenam dan membuatnya ideal untuk akuarium atau terarium.

Baca Juga : Cara Merawat Kaktus Anggur Sebagai Tanaman Hias 

13. Anubias Hastifolia

Jenis anubias ini memiliki bilah daun dengan panjang mencapai 33cm dan lebar 14cm dengan bentuk bervariasi. Memiliki batang daun yang lebih panjang dari bilah dan panjangnya mencapai 67 cm. Tumbuhan ini tumbuh di tepi aliran kecil di hutan, di bebatuan, atau di lumpur. Ini berbunga sepanjang tahun, berbuah dari September hingga Januari.

14. Anubias Pynaertii

Jenis anubias ini memiliki bilah daun berbentuk tombak dengan panjang mencapai 29cm dan lebar 14cm. Anubias ini dibagian atasnya ditutupi dengan bagian bunga jantan, di mana benang sari 4-6 menyatu menjadi sinandria, dengan bagian yang menutupi sisi sinandrium seluruhnya serta bagian yang lebih besar dari bagian atas sinandrium. Bagian bawah gagang ditutupi dengan bunga betina yang direduksi menjadi ovarium dan stigma.

15. Anubias Heterophylla

Jenis anubias heterophylla memiliki daun dengan panjang mencapai 38cm dan lebar 13cm dengan bentuk bervariasi. Tanaman itu tumbuh di tanah berbatu di tepi aliran air dan di tepiannya yang lembab.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Spider Plant

Demikian artikel pembahasan tentang Jenis Anubias Tanaman Aquascape , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.