Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Mudah Perawatannya

Posted on

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 – Aquascape merupakan jenis tanaman yang sering ditempatkan dalam aquarium. Seperti pada jenis tanaman lainnya, tanaman aquascape juga membutuhkan CO2 agar bisa melakukan fotosintesis. Sehingga, jika ingin meletakkan aquascape di dalam aquarium, dibutuhkan tabung CO2 agar bisa menyuplai CO2 untuk tanaman. Tapi, tahukah anda? jika terdapat jenis tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa CO2. Untuk itu kali ini akan kami berikan informasi tentang jenis tanaman aquascape tanpa Co2 dan mudah perawatannya.

Ada beberapa jenis tanaman aquascape yang akan baik-baik saja tanpa menambahkan CO2 terutama untuk tanaman yang bisa hidup dengan cahaya rendah dan tidak berakar. Anda bisa memilih jenis tanaman aquascape yang cocok hidup tanpa Co2 dengan catatan kamu harus sering mengganti air sebanyak 30% secara rutin 4 hari sekali atau 1 minggu sekali serta menjaga suhu dalam aquarium jangan lebih dari 30 derajat celcius. Berikut ini beberapa jenis Jenis Anubias Tanaman Aquascape

Baca Juga : Jenis Anubias Tanaman Aquascape

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2

1. Lilaeopsis

Lilaeopsis merupakan jenis tanaman aquascape yang masuk dalam keluarga rizome dan paling cocok buat pemula, karena tanaman ini mampu menutupu media tanam (karpet atau bottom cover) pada aquarium. Lilaeopsis memiliki bentuk seperti pada rumput yang tumbuh disekitar kita. Tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat dalam aquarium dan menyebar dengan tinggi mencapai 5cm. Karena itulah, anda harus rutin memangkasnya, jika tidak tanaman lain akan tertutup oleh tanaman Lilaeopsis.

2. Microsorum Pteropus

Microsorum pteropus atau java fern adalah jenis tanaman aquascape yang pertama kali ditemukan dikawasan Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh di alam liar dan menempel pada bebatuan sungai. Java fern sangat direkomendasikan untuk dijadikan salah satu tanaman aquascape karena jenis tanaman ini tidak terlalu sulit perawatannya dan tidak begitu membutuhkan co2. Selain itu, jenis tanaman java fern dapat ditemukan disekitar sawah, sungai, dan di alam liar. Java fern juga bisa ditanam tenggelam secara keseluruhan di dalam air atau hanya sebagian.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Spider Plant

3. Fissiden Moss

Fissiden Moss pertama kali populer di wilayah Amerika Utara. Fissiden Moss memiliki bentuk kecil, lembut dan halus, dengan proses perawatan yang sangat mudah. Meskipun Fissiden Moss dapat hidup tanpa Co2, namun disarankan agar anda memberikan co2 agar pertumbuhan tanaman makin baik. Fissiden Moss memiliki pertumbuhan yang lambat, namun ketika tumbuh Fissiden Moss akan tumbuh sangat rimbun. Tanaman jenis ini paling cocok diletakkan di bebatuan atau kayu.

4. Riccia Flitans

Riccia Flitans merupakan jenis tanaman aquascape yang bisa mengapung dan bukan jenis tanaman karpet seperti fissiden moss. Riccia Flitans memiliki bentuk fisik bulat, ramping dan pipih. Riccia Flitans jenis tanaman aquascape tanpa adanya co2. Meskipun hidup mengapung, Riccia Flitans dapat tumbuh subur dalam kondisi tenggelam sehingga tanaman dapat tumbuh menempel pada batu atau kayu.

5. Anubias

Anubias merupakan golongan tanaman akar batang atau rizome yang cocok digunakan sebagai tanaman aquascape dan bisa tumbuh sampai 12 cm tanpa adanya co2. Secara fisik, tanaman ini memiliki warna hijau agak gelap dan bisa hidup dalam kondisi air dengan suhu terendah sekalipun. Jenis tanaman anubias sangat mudah ditemukan di sekitar kita seperti di sawah, sungai atau waduk.

6. Cambomba Caroliniana

Cambomba Caroliniana merupakan jenis tanaman aquascape yang bisa hidup baik tanpa bantuan co2. Cambomba Caroliniana memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan hidup dalam suhu air hingga 15 derajat.

7. Bacopa monnieri

Bacopa monnieri merupakan jenis tanaman aquascape yang mudah di temukan di sekitar kita seperti di sawah, sungai atau danau maupun di pinggiran kolam kolam kecil. Selain itu, jenis tanaman ini juga mudah perawatannya, anda bisa memberikan cahaya sedang dengan kebutuhan CO2 yang sedang. Tanaman ini sering terendam air hujan seluruhnya, sehingga tanaman ini tidak bisa tumbuh di dalam air.

Baca Juga : Cara Merawat Kaktus Anggur Sebagai Tanaman Hias 

8. Bucephalandra Sp.

Tanaman bucephalandra merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah dirawat dan mudah ditemukan di sekitar kita. Bucephalandra memiliki bentuk daun hampir sama dengan spesies cryptocoryne. Jenis Bucephalandra banyak ditemukan di daerah tropis seperti Kalimantan dan sekitarnya.

9. Egeria densa aquasape

Egeria densa pertama kali ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan saat ini sudah banyak ditemukan disekitaran kita sekalipun di desa pelosok. Egeria densa mampu menyerap nutrisi yang berlebihan dalam air, sehingga membuat kondisi air tetap stabil dan normal.

10. Hydrocotyle Spesies

Hydrocotyle merupakan jenis tanaman aquascape yang tumbuh liar di Indonesia dan sering dijumpai di area sungai, danau dan rawa-rawa. Tanaman Hydrocotyle memiliki ciri daun bulat dan terdapat belahan di tepi daunnya. Tanaman ini mudah perawatannya dan tergolong mudah tumbuh serta tahan lama meskipun kebutuhan CO2 dan cahaya rendah.

11. Water Wisteria

Water Wisteria adalah jenis tanaman aquascape yang mudah ditemui di sekita kita. Tanaman ini memiliki sifat mudah menyebar dan tumbuh dengan baik menjadi karpet alami.

12. Lindernia Rotundifolia

Lindernia merupakan jenis tanaman aquascape yang memiliki bentuk daun bulat telur dan daun berwarna hijau gelap. Jenis tanaman ini mudah ditemukan di pinggiran sawah, sungat dan rawa-rawa. Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang hingga tinggi dengan pertumbuhan yang lumayan lambat.

13. Flame Moss

Flame Moss memiliki bentuk fisik tanaman seperi lidah api, dengan bentuk daun tumbuh keatas dengan dikelilingi batang sehingga membuat flame terlihat menarik. Flame Moss mampu hidup dan tumbuh baik dengan tingkat cahaya rendah.

14. Singapore Moss

Singapore Moss memiliki bentuk daun panjang dan longgar dengan cabang agak tegak. Jenis tanaman ini mampu hidup baik tanpa co2. Namun untuk mendapatkan kualitas lebih baik, anda bisa merawat Singapore Moss dengan memberikan cahaya yang cukup.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Selloum

15. Peacock Moss

Peacock Moss merupakan jenis tanaman aquascape yang mampu hidup tanpa diberikan co2. Memiliki daun agak lebar berwarna hijau dengan ranting bercabang seperti ekor merak. Tanaman ini memiliki karakter menyebar sehingga cocok dijadikan alas aquascape.

16. Java Moss

Java Moss memiliki karakter tanaman mirip rumput laut, hijau dan memanjang. Tanam ini sangat mudah diperlihara dengan suhu 21 sampai 32 derajat. Kelebihan java moss yaitu mampu beradaptasi diberbagai kualitas cahaya dan bisa tumbuh lebat sehingga sering dijadikan sebagai tempat berlindung ikan kecil.

17. Chrimast Moss

Chrimast Moss juga termasuk jenis tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa co2. Tanaman ini mirip dengan Peacock Moss namun memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tumbuh tidak beraturan. Tanaman ini dapat tumbuh tanpa co2 namun memiliki pertumbuhan yang lambat.

Baca Juga :  Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot 

Demikian artikel pembahasan tentang Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.