Jenis Tanaman Sayur Yang Cocok Ditanam Dimusim Hujan dan Cara Budidayanya

Posted on

Jenis Tanaman Sayur Yang Cocok Ditanam Dimusim Hujan – Musim hujan adalah musim yang paling ditunggu para petani sayur-sayuran untuk mulai bercocok tanam. Meskipun begitu, tidak semua jenis tanaman cocok ditanam dimusim hujan. Karena ada beberapa tanaman yang jika terkena air secara terus menerus dapat menyebabkan kematian. Untuk itu petani perlu mengetahui jenis tanaman apa yang cocok ditanam dimusim hujan.

Musim hujan lebat biasanya terjadi disekitar bulan desember hingga januari. Untuk itu anda perlu memperhatikan jenis tanaman yang tahan terhadap cuaca dan genangan air agar tanaman tetap tumbuh subur. Karena jika tanaman tidak kuat terhadap terjangan air menyebabkan tanaman mudah membusuk dan menyebabkan kerugian pada petani. Untuk itu, berikut beberapa jenis tanaman sayur yang cocok ditanam dimusim hujan.

Jenis Tanaman Sayur Yang Cocok Ditanam Dimusim Hujan

Kangkung

Awalnya, kangkung biasa hidup didataran rendah dengan kelembaban iklim yang cukup tinggi juga sering hidup diperairan. Namun, karena adanya pembudidayaan dengan proses varietas baru saat ini sudah banyak kangkung yang dibudidayakan di dataran atau ditanah, namun cara ini tidak merubah tingkat ketahanan kangkung akan cuaca lembab bahkan tergenang. Karena itulah, tanaman kangkung sangat baik dibudidayakan saat musim hujan.

Lihat cara budidaya kangkung di sini .

Genjer

Genjer paling cocok dibudidayakan di lingkungan berair bahkan semakin tumbuh subur jika ditanam di persawahan yang memiliki genanagan air. Sebab itulah, tanaman genjer sangat cocok ditanam dimusim hujan.

Lihat cara budidaya Genjer di sini .

Sawi Putih

Meskipun tanaman sawi putih banyak di budidayakan di darat namun bukan berarti sawi tidak cocok di tanam di musim hujan. Tanaman sawi sangat kuat dan tidak mudah layu jika terkena rintihan hujan secara terus menerus, perawatan sawi juga cukup mudah dan tidak membutuhkan biasa yang tinggi.

Lihat cara budidaya Sawi Putih di sini .

Selada

Selada merupakan jenis sayuran yang sering di manfaatkan sebagai sayur lalapan. Tanaman sayuran ini memiliki daya sangat kuat akan air hujan bahkan bisa hidup subur di musim hujan. Karena itu, selada sangat cocok ditanam dimusim hujan.

Lihat cara budidaya Selada di sini .

Seledri

Seledri sering dijadikan sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk menambah aroma masakan. Tanaman seledri tumbuh subur jika ditanam didaerah dingin dan sangat cocok ditanam di musim hujan.

Lihat cara budidaya Seledri di sini .

Daun Bawang

Tanaman daun bawang membutuhkan persediaan air yang cukup banyakm karena itulah daun bawang sangat cocok ditanam dimusim hujan.

Lihat cara budidaya Daun Bawang di sini .

Bayam

Penanaman sayur bayam sangat cocok dilakukan pada musim-musim penghujan seperti di bulan desember hingga januari. Karena tanaman bayam banyak membutuhkan air agar bisa tumbuh subur.

Lihat cara budidaya Bayam di sini .

Pare

Pare merupakan jenis tanaman sayur buah yang sangat cocok ditanam pasa musim penghujan. Dengan begitu tanaman pare akan tumbuh subur dan buah berkualitas.

Lihat cara budidaya Pare di sini .

Buncis

Menanam buncis disuhu lembab dengan tingkat hujuan yang cukup tinggi justru dapat membuat sayuran ini dapat tumbuh subur dan berkembang dengan pesat.

Lihat cara budidaya Buncis di sini .

Kacang Panjang

Meskipun masih bisa tumbuh dimusim panas, namun tanaman kacang panjang akan semakin tumbuh baik saat ditanam dimusim hujan.

Lihat cara budidaya Kacang Panjang di sini .

Meskipun demikian, budidaya sayuran dimusim hujan tetap harus diperhatikan perawatannya secara intensif dan tepat. Karena beberapa jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) juga kerap mengganggu tanaman dimusim hujan. Beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman di musim hujan seperti, layu bakteri (Pseudomonas solanacearum), penyakit antraknosa, penyakit layu fusarium, busuk akar, busuk daun, busuk batang, dan bercak daun. Sedangkan hama yang sering menyerang yaitu hama jangkrik, gangsir, ulat grayak, ulat buah, kutu kebul, lalat buah, bekicot dll. Hama dan penyakit pada tanaman perlu diwaspadai karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman dan menyebabkan gaga panen.

Itulah informasi yang diberikan tentang Jenis Tanaman Sayur Yang Cocok Ditanam Dimusim HujanSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca