Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Bahagia Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Bahagia Bagi Pemula – Bunga bahagia atau dikenal juga dengan bunga dieffenbach atau daun bahagia adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang tergolong sangat populer ditanam di Indonesia.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Dieffenbachia

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Genus: Dieffenbachia

Tanaman bunga ini memiliki bentuk daun yang besar berwarna dasar hijau dengan bercak putih dibagian tengahnya. Dieffenbach tergolong tanaman bunga yang sangat mudah penanaman dan perawatannya.

Tapi perlu diketahui, getah batang dan daun dieffenbach mengandung kalsium oksalat berbentuk jarum dalam selnya dan bisa menyebabkan gatal maupun kejang pada bibir dan lidah. Walaupun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini bisa menyebabkan syok dan meskipun langka, ini juga dapat menyebabkan kematian jika kejang mengganggu saluran pernapasan.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Aglaonema Lipstik

Cara Menanam Bunga Bahagia Bagi Pemula

Pembibitan Bunga Bahagia

Bibit tanaman dieffenbach dapat diperoleh dengan cara stek batang. Caranya, ambil batang yang berukuran sesuai dengan yang ingin ditanam. Pilihlah batang yang sehat dan tidak cacat. Setelah dipilih, potong batang dengan menyisakan minimal 4-5 ruas dengan 2-3 mata tunas. Selanjutnya, letakkan bibit pada tempat lembab. Tunggu hingga keluar bakal akar baru tanam di tempat yang sudah disiapkan.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa)

Penanaman Bunga Bahagia

Pertama, siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, masukkan bibit pada lubang tanam hingga dua ruas yang berakar tertutup dengan media tanam. Berikan tekanan pada tanah disekitarnya agar bibit tidak mudah roboh. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan air sedikit untuk memberikan kelembaban pada media tanam.

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Hias Pucuk Merah

Perawatan Bunga Bahagia

Tanaman bunga satu ini sangat mudah dirawat, hal yang perlu dilakukan yaitu cukup dengan menyiraminya sesekali saat tanaman terlihat kekeringan. Selain itu, berikan juga pemupukan secara berkala minimal setiap 2 bulan sekali agar tanaman tumbuh dengan baik.

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga bahagia bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.