Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses – Kepiting air tawar atau yang sering disebut dengan yuyu merupakan salah satu jenis kepiting yang banyak ditemukan di parit, persawahan atau sekitar lahan becek. Ciri-ciri kepiting air tawar memiliki ujung kaki yang lancip, tempurung punggung berwarna coklat kehitaman hingga ungu gelap, memiliki lekukan seperti bekas injakan tapak kuda dan pada bagian tepinya terdapat duri-duri kecil.

Cara Budidaya Kepiting Air Tawar

Persiapan Lokasi dan Lahan Budidaya Kepiting Air Tawar

Pilih lokasi yang tepat, hindari lahan yang menjadi langganan banjir dan jauh dari polusi udara yang berlebihan.

Cangkul tanah pada lahan yang telah dipilih sedalam 20-30 cm. Setelah itu, biarkan lahan terkena sinar matahari selama sekitar 5-7 hari agar gas beracun dalam tanah hilang. pH tanah yang digunakan untuk membudidayakan kepiting air tawar yaitu 7-8 dengan kedalaman 0,8-1 meter dengan kondisi berlumpur.

Berikan pagar pembatas berupa plastik tebal sepanjang kolam agar kepiting air tawar tidak kabur. Sistem budidaya yang digunakan untuk membudidayakan kepiting air tawar dapat berupa sistem keramba apung atau sistem kurungan.

Sistem Keramba Apung
Sistem ini dibuat dengan merangkai bilah bambu yang disusu sedemikian rupa sehingga membentuk kotak pipih dengan ukuran yang disesuaikan dengan lahan yang dimiliki.

Sistem Kurungan
Dengan menggunakan sistem ini maka dibutuhkan bambu berdiameter 1-2 cm dan panjang sekitar 1-1,7 meter. Kemudian, bilah bambu di rangkai dengan baik dengan cara ditancapkan pada tanah sedalam 30 cm.

Pemberian Air Berkualitas Pada Kolam

Gunakan air yang bebas dari polusi, dalam keadaan segar dan juga bersih. Jaga kebersihan kolam dengan cara melakukan pergantian air minimal setiap seminggu sekali.

Cara Penebaran Benih Kepiting Air Tawar

Proses penebaran benih kepiting air tawar dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara memasukkan benih di tepi kolam. Kepadatan tebar kepiting air tawar yang ideal yaitu 20 ekor per m2.

Proses Penggemukan Kepiting Air Tawar

Penggemukan kepiting air tawar ini dapat dilakukan dalam jangka waktu hingga 10 hari untuk meminimalkan mortalitas akibat perkelahian antara kepiting jantan dan betina.

Pemberian Pakan Kepiting Air Tawar

Pada saat penggemukan, dosis pemberian pakan yang diberikan yaitu 5-15% dari jumlah kepadatan kepiting air tawar. Sedangkan untuk puncak pembesarannya, yuyu membutuhkan dosis pakan suplemen sebanyak 5 % saja. Namun saat yuyu hendak bertelur, maka makannya pun akan berkurang.

Pakan yang dapat diberikan dapat berupa ikan rucah, usus ayam, kulit sapi atau kambing, cacing, siput dan keong sawah.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa