Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses – Tanaman empon-empon merupakan sekumpulan akar tanaman yang menjadi rempah dan berperan penting dalam perawatan kesehatan. Empon-empon juga dikenal sebagai bumbu dapur.

Conth tanaman yang termasuk empon empon diantaranya yaitu jahe, kencur, kunyit dan lain sebagainya. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, tanaman empon-empon juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Jamu khas Indonesia menggunakan tanaman empon-empon sebagai salah satu bahannya.

Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Bagi Pemula

Persiapan Media Tanam Tanaman Empon-Empon

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam tanaman empon-empon yaitu campuran tanah , pasir juga pupuk organik atau pupuk kandang.

Pastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang gembur dan subur. Tanah yang gembur yaitu tanah yang memiliki komposisi tanah liat, pasir dan debu secara seimbang. Sedangkan tanah yang subur yaitu tanah yang mengandung unsur hara yang kaya.

Pastikan pasir yang digunakan adalah pasir yang mengandung tanah liat, pastikan juga pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang telah difermentasi agar mudah diserap tanaman empon-empon.

Pembibitan Tanaman Empon-Empon

Pilihlah tanaman empon-empon yang sudah tua dan sehat untuk dijadikan bibit yaitu tanaman empon yang memiliki pertumbuhan baik dan tidak terdapat penyakit. Daun tidak terserang hama, akar tumbuh simetris dan tanaman tampak lebat.

Penanaman Tanaman Empon-Empon

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit tanaman empon-empon pada media tanam yang telah dipilih dengan membuat lubang tanam untuk bibit tanaman.

Ini juga bisa dilakukan dengan menanam empon empon di polybag dan pot. Lubang dibuat disesuaikan dengan ukuran bibit tanaman tersebut. Setelah itu, tutup kembali lubang tersebut lalu sedikit padatkan. Jangan lupa lakukan penyiraman agar bibit tanaman tidak kekurangan air untuk pertumbuhanya.

Pemeliharaan Tanaman Empon-Empon

Perawatan yang dilakukan pada tanaman empon-empon agar tumbuh maksimal diantaranya yaitu penyiraman secara teratur, pemupukan dan pencegahan serta penanganan hama dan penyakit yang menyerang tanaman empon-empon. Selain itu,jika media tanam terlihat terlalu padat, maka lakukan penggemburan.

Pemanenan Empon-Empon

Masa panen rata-rata tanaman empon-empon yaitu sekitar 10 bulan tapi bergantung pada jenis tanaman empon-empon yang ditanam.

Ciri-ciri tanaman empon-empon yang siap dipanen yaitu tanaman yang sudah melewati masa mengering yakni daun dan batangnya sudah menguning.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa