Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula – Burung Nuri Pelangi atau juga disebut juga dengan nama kasturi pelangi, perkici pelangi dan Rainbow lorikeet (Trichoglossus moluccanus) merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang hanya terdapat di 2 negara yaitu Indonesia dan Australia. Jenis burung nuri ini memiliki kicauan yang kalah bagus dan cenderung berupa jeritan kencang dan suara berisik, Namun warna bulunya sangat menarik.

Burung nuri pelangi ini memiliki panjang tubuh sekitar 25-30 cm dan rentang sayap sekitar 17 cm. Warna burung nuri pelangi sangat cerah yaitu berwarna biru gelap pada bagian kepala, berwarna kuning kehijauan pada bagian leher, berwarna hijau gelap pada bagian tubuh dan bagian dada berwarna merah dengan motif garis berwarna biru agak kehitaman.

Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi

Cara Membedakan Jantan dan Betina Burung Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi merupakan jenis burung monomorfik seksual yang agak susah dibedakan jenis kelamin betina atau jantannya. Berikut ini perbedaan jantan dan betina burung nuri pelangi:

  • Nuri pelangi jantan memiliki warna oranye atau jingga yang lebih gelap di bagian dada, sedangkan nuri pelangi betina warnanya agak pudar dan bercampur dengan sedikit warna kuning.
  • Nuri pelangi jantan memiliki dada lebih tebal dibandingkan betina.
  • Bentuk kepala nuri pelangi jantan berbentuk lebih persegi, sedangkan betina lebih bulat.
  • Jantan lebih sering membusungkan dada saat makan sambil mengancam serta akan melompati burung lain yang ingin mengambil makanan agar bisa diusir.

Persiapan Kandang Ternak Burung Nuri Pelangi

Siapkan kandang berukuran 1 x 1,25 meter dengan tinggi 1,9 meter. Kandang dibuat luas dengan dinding dapat dibuat dari strimin atau kawat baja dan kerangka dari kayu. Dalam kandang diberikan gelodok untuk tempat meletakkan telur nuri pelangi, gelodok tersebut dapat dibuat dari kayu dengan ukuran 35x20x20 serta dalam gelodok diberikan serabut kelapa. Selain itu, dalam kandang diberi tempat pakan dan tempat minum, tempat minum tersebut juga digunakan sebagai tempat mandi untuk nuri pelangi karena burung ini senag mandi dan berendam.

Tempatkan kandang pada tempat keramaian yang dilalui manusia, tapi jauhkan dari hewan peliharaan lain karena bisa menimbulkan stres pada burung. Pastikan suhu ruangan dalam kandang yaitu sekitar 18,3-29,4 derajat celcius dan jangan biarkan suhu terlalu dingin.

Proses Bertelur Burung Nuri Pelangi

Indukan betina burung nuri pelangi umumnya akan bertelur sebanyak 1-3 butir dalam setiap periode peneluran atau clunch. Sedangkan untuk masa pengeraman antara 25-26 hari. Betina nantinya akan mengerami telur sedangkan jantan bertugas menjaga sarang serta memberi makan pasangannya. Sesudah menetas, induk betina dan jantan akan bersama merawat anaknya dan jika perawatan dilakukan dengan baik, maka nuri pelangi bisa bereproduksi sebanyak 5 kali dalam setahun.

Pemberian Pakan Burung Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi merupakan burung pemakan buah dan biji-bijian. Buah yang disukai burung nuri pelangi yaitu pepaya, apel dan jeruk, sedangkan biji-bijian kesukaan burung nuri pelangi ini yaitu millet merah dan kuaci.

Khusus anakan nuri pelangi yang disapih pada umur 12-14 hari dapat diberi pakan lolohan seperti pakan yang diberikan pada anakan burung lovebird. Selain itu, tambahkan tulang sotong yang sudah dihaluskan lalu diletakkan di sendok kecil dan dilolohkan ke anakan, tambahkan juga multivitamin. Setelah anakan berumur 3-4 minggu, maka dapat diberikan pakan berupa buah-buahan atau biji-bijian dan jika sudah berumur 1 bulan maka burung sudah bisa makan sendiri tak usah diloloh.

Burung nuri pelangi yang sudah dewasa diberikan pakan yang bervariasi mulai dari apel, pisang, beri wortel, anggur, sayuran hijau, labu yang dimasak, kacang hijau dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan, jangan berikan buah yang mengandung gula tinggi karena dapat menyebabkan bulu rontok; jangan berikan coklat, makanan asin atau manis, makanan berminyak, kacang kering, kubis, asparagus, terong atau madu; jangan juga berikan alpukat, kemangi dan bawang karena dapat menyebabkan serangan jantung bahkan menyebabkan kematian pada burung nuri pelangi.

Cara Merawat Burung Nuri Pelangi

Sangkar atau kandang nuri pelangi juga harus dibersihkan secara teratur pada bagian bawahnya sebanyak 2 kali sehari. Buang alas kandang dan ganti lalu bersihkan semua sisa pakan serta wadah pakan dan minumannya yang juga harus dilakukan.

Selain itu, bersihkan dan ganti tempat pakan serta air setiap hari dan ganti air dengan yang baru serta segar. Buang segera pakan yang cepat membusuk seperti kacang kacangan yang dimasak langsung sesudah burung selesai makan karena nuri pelangi cukup rentan dengan infeksi bakteri.

Untuk anakan nuri pelangi akan disapih saat berumur 12-14 hari karena pada umur ini, mata anakan nuri pelangi sudah terbuka sepenuhnya. Tapi jika masih belum bisa merawat anakan nuri pelangi, maka penyapihan bisa dilakukan saat anakan sudah berumur 8 minggu. Sesudah memasuki umur 8 minggu, anakan nuri pelangi sudah keluar dari sarang sehingga perawatan bisa dilakukan dengan mudah.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa